Sukses

Lifestyle

Perubahan Tak Akan Terjadi Tanpa Keberanian Membuat Pilihan

Fimela.com, Jakarta Setiap perempuan punya kekuatan untuk mengatasi setiap hambatan dan tantangan yang ada. Bahkan dalam setiap pilihan yang dibuat, perempuan bisa menjadi sosok yang istimewa. Perempuan memiliki hak menyuarakan keberaniannya memperjuangkan sesuatu yang lebih baik untuk dirinya dan juga bermanfaat bagi orang lain. Seperti tulisan dari Sahabat Fimela yang disertakan dalam Lomba My Voice Matters: Setiap Perempuan adalah Agen Perubahan ini.

***

Oleh: Putri - Cirebon

Pilihan. Satu kata yang tanpa disadari dapat membawa sebuah perubahan. Berawal dari ketertarikan pada dunia sosial membuat saya berani mengambil sebuah keputusan yang bertentangan dengan keinginan orang tua yang menginginkan saya untuk menekuni bidang kedokteran. Jurusan yang saya ambil pada saat kuliah membuat kami berargumen pendapat. Tapi, di situlah perjuangan saya dimulai.

Sedikit demi sedikit, saya mampu membuktikan pada diri sendiri dan orang terdekat bahwa apapun jurusan yang ditekuni dapat membuahkan hasil dan prestasi baik akademik maupun non akademik. Perlahan, orang tua saya mulai menghargai keputusan yang saya ambil. Saat itu, saya kembali menemukan passion yang selama ini saya cari dan pilihan inilah yang menghantarkan saya hingga saat ini.

Menulis. Hal pertama yang membuat saya jatuh cinta. Banyak orang yang tidak suka dengan narasi. Menurut saya, lebih dari itu. Menulis bukan hanya sebuah narasi yang terdiri dari rangkaian kata tetapi seluruh imajinasi pun turut terjun di dalamnya. Saya menemukan kembali rasa kepercayaan diri pada saat menulis. Saya merasakan bahwa di dalam tulisan kita dapat membangun karakter. Saya dapat bebas mengungkapkan ekspresi melalui tulisan.

Melalui tulisan ini, saya diberi kesempatan untuk magang sebagai Humas di sebuah kantor pemerintah provinsi selama 2 bulan. Di situ saya belajar banyak untuk menghasilkan sebuah karya. Kami berebut mencari berita sebanyak-banyaknya dengan teman wartawan untuk diunggah ke media. Tegang tapi menyenangkan. Bersyukur, karena saya dapat menyalurkan hobi yang dapat memberikan informasi kepada masyarakat luas melalui berita. Kesempatan lain yang saya dapatkan ketika saya bekerja di kantor saat ini. Senangnya, bisa menjadi bagian dari content creator membuat saya terus belajar mengolah narasi yang lebih baik dan bermanfaat untuk masyarakat.

 

Protokoler. Mungkin ini yang dinamakan jatuh cinta pada pandangan kedua. Jika kembali ke masa lalu, saya ingin berterimakasih kepada salah satu atasan kantor yang memberikan saya kepercayaan untuk menjadi protokol. Saya sempat menyesal karena pernah menolak kesempatan itu. Saya ragu apakah saya bisa menjadi pembawa acara formal untuk sekelas Kementerian. Saya cenderung gugup ketika bertemu dengan banyak orang. Tetapi, saya tidak ingin bertahan dalam ketakutan. Lagi, saya mau mencoba.

Saya belajar perlahan untuk menghilangkan rasa gugup dengan berlatih. Tangan sempat gemetar pada saat membacakan naskah didepan khalayak ramai. Kritikan tentu sering saya dapatkan. Tetapi saya anggap itu sebuah motivasi untuk membangun diri lebih baik. Saya kembali lagi mengucap syukur, karena saya dapat diberikan amanah untuk menekuni bidang yang saya pilih dan saya sangat menikmatinya profesi saya saat ini.

Semua tidak berjalan mulus seperti yang dibayangkan, rasa takut, ragu, sedih, tidak percaya diri, seringkali singgah ketika kita menentukan pilihan. Tetapi saya yakin, setiap pilihan yang dibangun dengan keyakinan akan dapat membuahkan hasil selama tujuannya positif. Kita memang tidak dapat menggapai dan memenuhi harapan semua orang tetapi kita dapat membangun mimpi sesuai passion yang kita jalani dan semuanya berawal dari pilihan.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading