Sukses

Lifestyle

5 Cara Tetap Bersinar di Kantor Meski Sering Dipandang Sebelah Mata

Fimela.com, Jakarta Saat bekerja atau berkarier pastinya kita ingin bisa sukses. Kita ingin mendapatkan prestasi atau pencapaian yang membantu kita mencapai tujuan yang kita inginkan. Tapi ketika kita malah sering dianggap sebelah mata, diremehkan, dan tidak tidak diharga, maka kita perlu berusaha lebih keras untuk bisa tetap bersinar di kantor.

Bekerja di kantor, jelas ada aturan dan struktur yang kita patuhi. Ada rekan kerja, baik itu atasan maupun bawahan yang harus kita hargai dan hormati. Bila malah kita yang sering dianggap sebelah mata dan tidak dihargai, coba lakukan hal-hal ini agar kita bisa tetap bersinar dan nyaman bekerja. 

1. Fokus Selesaikan Setiap Pekerjaan dengan Baik

Oke, mungkin sulit untuk menjaga fokus atau daya konsentrasi di tengah perasaan yang tak nyaman karena dipandang sebelah mata. Tapi kita tetap harus berusaha lebih maksimal untuk fokus menyelesaikan setiap tugas kita. Tuntaskan setiap pekerjaan dengan tepat waktu. Biarlah yang lain memandang sebelah mata, nantinya kalau mereka sadar setiap pekerjaan bisa kita lakukan dengan baik mereka pun akan sadar sendiri.

 

2. Buat Pencapaian Baru yang Berbeda

Daripada meladeni orang-orang yang bisanya cuma mencibir dan memandang kita sebelah mata, mending fokuskan energi kita untuk memaksimalkan performa dan kinerja kita. Buat pencapaian baru yang berbeda dari lainnya. Lakukan sesuatu yang tidak dilakukan oleh rekan kerja lainnya. Jadilah berbeda dengan kelebihan yang kita punya sendiri.

3. Buat Dirimu Tak Tergantikan

Kuasai semua peran yang diberikan padamu. Jadilah ahli di posisi atau jabatanmu saat ini. Buat dirimu tak tergantikan. Sehingga tak ada yang bisa mengerjakan pekerjaan atau hal tertentu selain dirimu karena kamu yang paling bisa menguasainya. Nanti orang-orang yang meremehkan dan memandangmu sebelah mata bakal kelimpungan sendiri tiap kali membutuhkan bantuanmu.

4. Mengerjakan Hal yang Lebih Istimewa di Luar Kantor

Yup, kadang kita memang butuh cara lain agar tidak terus terjebak dalam "drama" kantor. Daripada sedih dan sakit hati selalu dipandang remeh di kantor, coba lakukan hal lain di luar kantor. Nanti "gaungnya" pasti akan terbawa ke kantor. Orang-orang akan lebih memperhatikanmu karena hal istimewa yang dikerjakan di luar kantor. Biar mata mereka terbuka dengan sendirinya bahwa orang yang mereka anggap remeh ini sebenarnya luar biasa istimewa.

5. Pasang Senyum Percaya Diri Setiap Hari

Jangan menunjukkan kita lemah atau tak berdaya di hadapan orang-orang yang meremehkan kita. Semakin kita tampak sedih atau terpuruk, orang-orang tersebut malah akan merasa bahagia karena menganggap sudah berhasil menjatuhkan kita. Cobalah untuk memasang senyum percaya diri setiap hari. Tak apa kalau kita sempat menangis atau sedih ketika sendiri di kamar mandi, tapi begitu kita sudah masuk kembali ke ruang kantor, kita tampilkan diri kita yang lebih kuat dari sebelumnya.

Untuk tetap bersinar di kantor meski kadang diremehkan atau dipandang sebelah mata, seringkali memang bukan hal mudah. Tapi bukan berarti kita tak bisa melakukannya. Selain itu, kenali juga batasannya. Kalau sekiranya perlakuan rekan kerja sudah kelewatan, kita bisa coba mempertimbangkan untuk resign atau pindah kerja. Kita pun berhak merasa dan mendapatkan kenyamanan selama bekerja, bukan?

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Tips agar Kariermu Tak Terhambat oleh Sifat Perfeksionismu
Artikel Selanjutnya
3 Tips Mengurangi Jam Kerja tapi Hasilnya Lebih Maksimal