Sukses

Lifestyle

Biar Kegiatan Belanja Tak Berujung Bokek, Coba 4 Tips Belanja Cerdas Ini

Fimela.com, Jakarta Semua pasti setuju bahwa belanja adalah kegiatan yang menyenangkan. Bahkan belanja bisa jadi salah satu kegiatan menghalau stres. Berbelanja selalu memberikan pengalaman yang menyenangkan. Cuma masalahnya kadang kegiatan belanja yang tak terarah membuat kita jadi boros dan ujung-ujungnya malah tekor.

Biar belanja tetap sesuai anggaran, kita harus belanja dengan cerdas. Bagaimana caranya? Prita Hapsari Ghozie dalam buku Make It Happen punya empat tips smart shopping yang bisa langsung kita coba. Selengkapnya, yuk ikuti uraiannya di sini.

1. Buatlah Wish List

Apa sih tujuan membuat wish list? Tujuan utamanya adalah membuat ktai lebih “sadar” tentang apa yang kita butuhkan dan kita inginkan. Tulis apa saja benda atau barang yang ingin kita beli. Tulis semua keinginan yang ada. Setelah itu kita bisa fokus pada apa saja yang benar-benar kita butuhkan dan membantu kita fokus pada hal-hal yang punya value besar untuk kita.

2. Punya Shopping Account

Ada baiknya untuk punya satu rekening khusus yang terpisah dari rekening operasional bulanan. Kalau sudah berumah tangga, kita bisa membuat kesepakatan dengan suami untuk menyiapkan saldo yang dialokasikan setiap bulan untuk rekening belanja. Cara ini akan sangat memudahkan kita mengatur pos pengeluaran dengan lebih cerdas.

3. Usahakan Bayar Kas Tunai

Selalu usahakan bayar tunai. Kalaupun menggunakan kartu kredit, pastikan untuk selalu membayar lunas saat jatuh tempo tagihan.

 

4. Punya Shopping Buddy

Coba miliki teman belanja yang bisa diandalkan. Dalam artian teman belanja ini bisa jadi orang yang memberi kita saran dan arahan yang tepat bila ada barang yang sebenarnya tak perlu dibeli karena belum cocok atau belum sesuai kebutuhan. Keberadaan teman belanja ini juga bisa jadi orang yang membantu kita untuk patuh dengan anggaran yang kita buat.

5. Aplikasikan 10 Seconds Rule!

Trik ini mudah dan cukup efektif. Setiap kali akan membeli sesuatu, coba berhenti sejenak selama 10 detik lalu tanyakan pada diri sendiri apakah barang yang akan kita beli ini sesuai dengan kebutuhan atau hanya karena didorong oleh keinginan atau nafsu belaka.

Cukup mudah bukan tips-tipsnya? Selamat mencoba dan selamat belajar menjadi smart shopper!

Loading
Artikel Selanjutnya
Cerdik Belanja Kosmetik agar Tidak Boros!
Artikel Selanjutnya
10 Tanda Kamu Perempuan yang Cerdas Mengatur Uang