Sukses

Lifestyle

Minyak Ini yang Paling Sehat untuk Menggoreng Makanan!

Fimela.com, Jakarta Semua orang pasti sudah tahu jika makan makanan yang digoreng setiap hari dan terlalu banyak itu tak sehat, bahkan jika bahan makanan yang digunakan itu sehat, seperti ayam, sayuran, telur, dan seafood. Minyak bukan hanya mampu menambah kalori makanan namun juga meningkatkan kolesterol dalam makanan.

Namun tentu kita tak bisa begitu saja menolak keinginan makan gorengan, oleh krena itu, akan lebih baik jika bisa mencari cara mengurangi tingkat 'tidak sehat' makanan yang digoreng dengan berbagai cara, salah satunya adalah memilih minyak goreng yang lebih sehat.

Selama ini banyak orang menggunakan minyak kelapa sawit untuk menggoreng makanan, namun sebenarnya itu bukan pilihan yang sehat. Dari banyaknya jenis minyak yang ada untuk makanan, minyak kelapa adalah minyak yang paling sehat untuk menggoreng makanan. Alasannya sederhana, yaitu punya titik didih yang tinggi, seperti dilansir dari Healthline.com.

2 dari 3 halaman

Minyak Kelapa jadi Minyak Goreng Terbaik

Setiap minyak memiliki titik didih tertentu, dan beberapa mampu menahan suhu sangat tinggi dibanding yang lainnya. Minyak kelapa punya kemampuan tersebut sehingga tidak mudah berasap dan meningkatkan lemak trans.

Penelitian yang dimuat dalam PubMed Central menemukan bahwa setelah 8 jam lamanya digunakan untuk menggoreng makanan dengan suhu 180 derajat Celcius, kualitas minyak kelapa tidak menurun. Sebanyak 90% asam lemak dalam minyak kelapa terdiri dari lemak jenuh, sehingga membuatnya sangat tahan terhadap panas. Semakin tinggi lemak jenuh, semakin stabil minyak tersebut.

Dulu lemak jenuh dianggap bahaya untk kesehatan, namun penelitian dalam PubMed Central menunjukkan bahwa ini adalah lemak aman yang bisa diubah menjadi energi untuk digunakan manusia.

Jadi, ganti minyak goreng di rumah dengan minyak kelapa ya Sahabat Fimela jika ingin hasil gorengan lebih sehat.

3 dari 3 halaman

Tonton juga video yang satu ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Meniriskan Gorengan Agar Tak Berminyak, Super Mudah!
Artikel Selanjutnya
Tips Menyimpan Daging Sapi agar Awet dan Tahan Lama