Sukses

Lifestyle

Waspada Tidur Berlebihan saat Menstruasi, Sebabkan Hal Ini

ringkasan

  • Saat menstruasi ada banyak bakteri di area kewanitaan
  • Menstruasi terhambat untuk keluar ketika kita sering duduk atau tidur
  • Disarankan untuk melakukan aktivitas saat menstruasi

Fimela.com, Jakarta Saat menstruasi ada banyak bakteri di area kewanitaan kita. Bahkan, dua sampai tiga jam setelah darah menstruasi bakteri mulai memenuhi area rongga rahim, rongga vagina, vagina, anus hingga pembalut yang digunakan.

Agar tidak terjadi iritasi, maka tak ada salahnya untuk menjaga area kewanitaan selalu bersih. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG (K) dari Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia, mengatakan saat menstruasi, risiko infeksi meningkat karena jumlah bakteri buruk di area kewanitaan bertambah dengan tingginya tingkat keasaman pH pada darah yang dikeluarkan.

Ia mengatakan, sebisa mungkin darah menstruasi dapat keluar dengan lancar, seperti 2-3 hari sebenarnya sudah keluar semua.

"Nah kalau darah keluarnya lancar harus sering berjalan,” ujarnya saat ditemui di Jakarta.

Jangan tidur berlebihan ketika menstruasi

dr. Dwiana mengatakan sebaiknya saat menstruasi ada baiknya tetap aktif, karena saat duduk atau tiduran, posisi rahim menjadi tidak lurus atau ikut melengkung sesuai posisi kita pada saat itu. Hal ini menyebabkan darah menstruasi terhambat untuk keluar, sehingga akan lebih lama terjebak di dalam area kewanitaan.

“Semakin lama darah menstruasi berada di dalam area kewanitaan, akan semakin banyak pula bakteri buruk yang berkembang biak, sehingga dapat meningkatkan infeksi di area kewanitaan,” tambahnya.

Oleh karenanya, disarankan untuk melakukan aktivitas saat menstruasi. Walaupun kita merasa kram. “Jangan terlalu banyak tiduran, karena akan membuat kondisinya semakin parah dan berlangsung lama," paparnya. .

Sayangnya, sampai saat ini masih banyak perempuan di Indonesia yang belum mengerti mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan akan area kewanitaan ketika mengalami menstruasi untuk pertama kalinya dan informasi mengenai mentruasi itu sendiri.

Untuk itu, Mundipharma Indonesia luncurkan kampanye #KarenaKitaPerempuan #SalingMenjaga untuk tingkatkan kesadaran akan kebersihan dan kesehatan area kewanitaan. Melalui media sosial dan Buku Saku ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ yang bisa menjadi panduan dalam menjaga area kewanitaan dan diharapkan masyarakat bisa memahami bahwa pembersih kewanitaan untuk sehari – hari dan saat menstruasi itu berbeda.

Simak video berikut

#Growfearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading