Sukses

Lifestyle

Tips Memasak Daging agar Bumbu Meresap Sempurna

ringkasan

  • Daging Ditusuk atau Dipukul-pukul saat Masih Mentah
  • Gunakan Api Kecil dan Tutup Panci dalam Proses Memasak
  • Daging Dimarinasi dengan Bumbu

Fimela.com, Jakarta Saat memasak daging, khususnya daging sapi pastinya kita ingin agar bumbunya meresap sempurna. Olahan daging dengan bumbu yang meresap dengan baik jelas lebih sedap dan lezat. Tapi apakah kita sudah tahu cara yang paling pas agar bumbu meresap pada daging yang kita masak?

Untuk memudahkan proses penyerapan bumbu pada olahan daging yang kita buat ada beberapa cara yang bisa dicoba. Kita bisa menusuk atau memukul-mukul daging sebelum diolah. Dengan cara ini, jalinan ototnya akan terurai dan memudahkan proses penyerapan bumbu. 

Daging Ditusuk atau Dipukul-pukul saat Masih Mentah

Daging yang sudah dibersihkan bisa langsung kita tusuk-tusuk dengan menggunakan garpu. Bisa juga dipukul-pukul dengan alat pelunak daging. Proses ini perlu dilakukan saat daging masih dalam keadaan mentah, ya. Tidak perlu sampai terlalu hancur. Secukupnya saja sampai sekiranya jalinan otot daging lebih lunak.

Daging Dimarinasi dengan Bumbu

Bila ingin mendapatkan tekstur daging yang lebih kenyal dengan bumbu yang tetap meresap sempurna, kita bisa membuat bumbu marinasi. Daging yang dimarinasi dulu dengan bumbu selama beberapa saat. Bisa juga disimpan dalam kulkas. Baru setelah itu diolah. Cara ini bisa dipilih bila kita khawatir tekstur dagin akan rusak bila harus ditusuk-tusuk atau dipukul-pukul lebih dulu.

Gunakan Api Kecil dan Tutup Panci dalam Proses Memasak

Untuk hasil olahan daging dengan matang yang merata, kita perlu memasaknya dengan api kecil. Kalau apinya terlalu besar, matang daging bisa tak merata dan malah hanya akan membuatnya cepa gosong. Tutup panci dalam proses memasak supaya bumbu bisa meresap lebih sempurna. 

Pakai Bumbu yang Dihaluskan

Untuk memudahkan proses penyerapan bumbu pada pori-pori daging, gunakan bumbu yang dihaluskan. Rempah-rempah yang kita pakai bisa juga kita parut lebih dahulu. Bumbu halus bisa diulek atau diblender sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Sahabat Fimela sendiri apakah punya tips lain untuk membuat bumbu bisa meresap sempurna dalam olahan daging? Silakan bagi info tambahannya juga di sini, ya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading