Sukses

Lifestyle

5 Cara Atasi Menstruasi Menyakitkan Saat Sedang Bekerja

ringkasan

  • Jangan duduk berjam-jam
  • Pakai pakaian yang nyaman
  • Selama menstruasi, kurangi kopi dan teh dulu, ganti dengan air putih hangat untuk mencegah kram

Fimela.com, Jakarta Ketika mengalami menstruasi, perempuan memang rawan mengalami nyeri luar biasa. Jika bisa istirahat saja di rumah saat sedang seperti ini sih tak masalah, tapi jika harus bekerja seharian di kantor, akan menjadi hal yang mengganggu produktivitas kerja. Ini caranya mengatasi rasa sakit karena menstruasi saat sedang sibuk bekerja.

1. Cek kalender menstruasi

Umumnya kita bisa mengecek dan memprediksi kapan menstruasi terjadi jika rajin mencatatnya. Saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mencatat menstruasi bulanan. Dengan mengetahui kapan menstruasimu, kamu bisa berjaga-jaga mengatasinya, seperti misalnya minum lebih banyak air putih sebelumnya, menghindari celana ketat, atau mungkin makan makanan yang tidak menyebabkan nyeri.

2. Jangan duduk berjam-jam

Mungkin sebagian besar pekerjaan kantor mengharuskanmu duduk, namun beri jeda di sela-sela rutinitas ini. Jangan terlalu lama duduk, selingi dengan pergi jalan kaki mencari makan siang atau mungkin ke pantry untuk menyeduh air hangat untuk meringankan nyeri. Berdiri dan berjalanlah setiap 1 jam sekali agar peredaran darah lancar.

Cara Atasi Menstruasi Menyakitkan Saat Sedang Bekerja

3. Pakai pakaian yang nyaman

Terutama hindari memakai celana jeans atau celana ketat. Pakai celana kain longgar atau rok agar pergerakanmu nyaman. Pakai flat shoes atau sepatu tanpa hak sementara. Atau jika memang diharuskan memakai high heels, gunakan yang solnya tebal, bukan jenis stilletto atau pump shoes yang runcing karena ini akan semakin menarik otot.

4. Makan yang benar

Kurangi dulu makanan pedas, gorengan dan berlemak karena tubuh membutuhlan lebih banyak nutrisi baik sata menstruasi seperti vitamin C dan B6 yang berfungsi mengurangi kram dan nyeri akibat kontraksi otot di area reproduksi. Makan lebih banyak sayur dan buah, telur serta daging ayam rendah lemak.

5. Minum banyak air putih

Selama menstruasi, kurangi kopi dan teh dulu, ganti dengan air putih hangat untuk mencegah kram atau mengurangi nyeri kram. Kafein pada kopi dan teh bisa memicu parahnya kram. Pastikan selalu membawa air putih ke mana pun selama menstruasi.

Itu dia sekian cara terbaik mengatasi kram menstruasi selama bekerja. Beberapa orang bahkan akan tetap olahraga dengan kadar ringan karena cara ini juga bisa meringankan nyeri kram saat menstruasi. Coba mana pun yang efektif untukmu ya Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading