Sukses

Lifestyle

Minum Kopi Susu, Apakah Bisa Penuhi Kebutuhan Gizi Harian Orang Dewasa?

ringkasan

  • Ternyata minum kopi susu tidak mampu memenuhi kebutuhan susu harian orang dewasa
  • Kafein dalam kopi akan membuat tubuh sulit mencerna dan menyerap nutrisi yang ada pada susu

Fimela.com, Jakarta Susu bukan hanya penting untuk dikonsumsi anak-anak. Orang dewasa juga perlu bahkan butuh mengonsumsi susu. Kandungan yang ada pada susu sangat baik untuk pemenuhan nutrisi dan membantu memperbaiki sel yang rusak.

Tren yang berkembang saat ini adalah susu tidak hanya dikonsumsi begitu saja. Bisa juga menjadi campuran minuman lain, seperti kopi susu. Pertanyaannya adalah apakah kopi susu bisa membantu memenuhi kebutuhan susu harian? Terlebih selepas makan siang, kopi susu menjadi andalan untuk menahan kantuk.

Emilia Achmadi, MS., RDN yang merupakan seorang ahli gizi menjelaskan bahwa kopi justru membuat tubuh kesulitan untuk melakukan penyerapan nutrisi. Kafein yang terkandung dalam kopi akan mempengaruhi tubuh dalam memproses kandungan yang ada pada susu.

"Menjelang dewasa, orang semakin malas untuk minum susu. Hingga akhirnya beralih ke yang beraroma, seperti kopi. Padahal, kafein akan membuat proses penyerapan nutrisi yang ada pada susu menjadi terganggu. Sehingga manfaat susunya berkurang," jelas Emilia Achmadi.

 

Alternatif kopi susu

Sebagai alternatif, Emilia memberikan pilihan untuk mengonsumsi susu dengan rasa susu. Karena kebanyakan orang ingin mendapatkan aroma dari kopi. Dengan cara ini, seseorang tetap bisa mendapat aroma sekaligus manfaat susu yang luar biasa.

"Dapet lifestyle-nya. Akhirnya kita memikirkan gaya hidup itu penting tapi jangan mengorbankan nutrisi," tambah Emilia.

Tidak ada batasan umur sampai kapan orang dewasa harus minum susu. Menurut Emilia, hidup manusia diawali dengan susu dan diakhiri pada susu. Hal ini terjadi pada kebanyakan orang tua yang sudah tidak mampu mengonsumsi makanan padat atau mengonsumsi asupan nutrisi hanya melalui cairan. Susu menjadi salah asupan nutrisi cairan yang diberikan tanpa memandang usia seseorang.

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Susu Bubuk dan Susu Cair Sama Baiknya, Ini Kata Ahli
Artikel Selanjutnya
Cara Ersa Mayori Membiasakan Anak Rutin Minum Susu