Sukses

Lifestyle

Perempuan Merdeka dan Hak Mendapatkan Pendidikan Terbaiknya

Fimela.com, Jakarta Kita tentu pernah mendengar anggapan "perempuan hanya bertanggungjawab dalam urusan rumah tangga." Karena anggapan ini, tidak sedikit perempuan yang akhirnya memilih berada di rumah dan tak melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Padahal nih ya, pendidikan sangatlah penting.

"Entah kita berkarir atau menjadi ibu rumah tangga, seorang perempuan wajib berpendidikan tinggi karena ia akan menjadi ibu. Ibu-ibu cerdas akan menghasilkan anak-anak yang cerdas." - Dian Sastrowardoyo -

Meski pendidikan menjadi hal yang sangat penting bagi perempuan, sejauh ini kesempatan perempuan untuk meraih pendidikan tertingginya masih sangat terbatas di beberapa negara di dunia termasuk Indonesia.

Perempuan dan Pendidikan Tinggi

Survei dari Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di tahun 2013 menemukan jika perempuan di Indonesia lebih banyak mengajar di pendidikan taman kanak-kanak, sekolah dasar dan menengah. Hanya sedikit perempuan yang menjadi pengajar di perguruan tinggi.

Survei ini menunjukkan bahwa hanya sedikit perempuan yang meraih pendidikan tinggi di perguruan tinggi hingga tingkat S2 atau S3. Ada banyak alasan kenapa perempuan tak melanjutkan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi hingga S2 atau S3. Alasan tersebut mulai dari stigma masyarakat yang menganggap perempuan tak penting berpendidikan tinggi, keadaan ekonomi yang kurang stabil, perempuan yang sudah cukup umur harus segera menikah, pria akan merasa harga dirinya turun jika memiliki istri dengan pendidikan lebih tinggi dan masih banyak lagi.

Di zaman yang sudah serba modern, anggapan bahwa pendidikan tak penting buat perempuan harusnya dihilangkan. Perempuan modern dan merdeka justru harusnya memiliki pendidikan terbaik dan tertingginya. Entah ia akan berkarir atau mengurus rumah tangga, pendidikan yang lebih baik akan membantu perempuan mengurus keluarganya dengan lebih baik lagi.

Para ahli di bidang Geografi Lingkungan dari University of Sheffield mengungkapkan perempuan berhak mendapat pendidikan seperti pria. Setiap perempuan diharapkan selalu merasa nyaman, bahagia dan menikmati kesempatannya untuk mendapat pendidikan terbaik serta tertingginya. Perempuan yang merdeka adalah mereka yang bisa mendapatkan terbaik dan tertingginya demi masa depannya yang lebih cerah.

Well Sahabat Fimela, jangan pernah ragu untuk mendapatkan pendidikan tertinggimu. Baik perempuan maupun pria penting untuk memiliki pengetahuan yang sama luas dan baiknya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Kurangi Berkomentar untuk Hal-Hal yang Tak Kita Pahami Sepenuhnya
Artikel Selanjutnya
Berhenti Membandingkan, 4 Cara Ini Buat Hidupmu Lebih Menarik dari Orang Lain!