Sukses

Lifestyle

Menyimpan Daging Segar di Kulkas, Berapa Lama Idealnya?

Fimela.com, Jakarta Idul Adha memang sudah usai. Namun, bisa dipastikan bahwa tidak sedikit dari Sahabat Fimela yang masih punya stok daging kurban melimpah sebagai sisa daging momen Idul Adha.

Setiap hari konsumsi daging memang tidak baik buat kesehatan. Ini juga membuat siapa saja bosan dengan menu daging yang disajikan setiap harinya. Agar tak bosan dengan masakan daging, solusi kita terhadap daging kurban yang melimpah di rumah adalah dengan menyimpannya di kulkas.

Aneka bahan makanan termasuk daging akan awet dan tahan lama ketika disimpan di lemari es. Tapi, adakah batas maksimal menyimpan di dalam kulkas? Bolehkah kita menyimpan daging segar di kulkas dalam waktu yang sangat lama? Idealnya, berapa lama daging boleh disimpan di kulkas?

Lama Menyimpan Daging di Kulkas Menurut Ahli

Melansir dari laman hellosehat.com, daging merah mentah baik itu daging sapi, kambing, domba atau unta bisa disimpan di kulkas tepatnya di freezer selama 4 - 12 bulan. Ini tergantung pada jenis daging yang disimpan. Namun, jika daging segar hanya disimpan di kulkas luar freezer, daging ini bisa bertahan selama 3 sampai 4 hari saja.

Saat menyimpan daging merah, pastikan untuk menyimpannya dengan memasukkan ke kotak makanan kedap udara atau membungkusnya dengan plastik. Ketika menyimpan daging di freezer, sebaiknya freezer juga hanya digunakan untuk menyimpan daging. Hindari menyimpan daging bersama dengan bahan makanan lain agar kualitas daging tetap baik.

Untuk daging yang telah dibumbui atau sudah matang, saat disimpan di dalam kulkas bagian luar, daging ini hanya bisa bertahan 3 sampai 4 hari. Namun jika disimpan di dalam freezer, daging yang sudah dibumbui dan dimasak bisa bertahan 2 sampai 6 bulan.

Sebelum mengolah daging yang disimpan di freezer, usahakan agar mencairkan daging dulu sebelum diolah. Diamkan daging di ruang terbuka selama 30 menit hingga 1 jam. Sebelum diolah, cuci daging di bawah air mengalir kemudian rebus hingga matang. Hindari mencairkan daging dengan memasukkannya ke dalam air panas langsung karena ini tidak baik buat kesehatan.

Jika menemukan tanda-tanda daging tidak layak konsumsi seperti daging bau, berubah warna dan tekstur, jangan pernah mengonsumsi daging tersebut. Semoga tips dapur ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Tips agar Daging Steak Empuk dan Lebih Lembut
Artikel Selanjutnya
Cara Menyimpan Jeroan Babat Agar Tahan Lebih Lama