Sukses

Lifestyle

Benarkah Kebakaran Hutan Amazon Akibat Ulah Manusia?

Fimela.com, Jakarta Amazon, hutan hujan di Brasil yang eksotis telah menjadi isu panas yang diperbincangkan. Kebakaran yang melanda Amazon melahirkan hashtag #SaveAmazonia yang menjadi trending topic dunia. Kebakaran dahsyat yang melanda Amazon memunculkan kekhawatiran yang sangat mendalam.

Hingga saat ini, banyak yang menyangka, kebakaran ini adalah ulah dari manusia. Pasalnya, hutan hujan yang memiliki kadar kelembapan cukup tinggi sangatlah janggal jika kebakaran tersebut murni terjadi karena alam. Seperti yang dilansir dari Ezpress.co.uk, muncul rumor yang mencuat di balik kebakaran yang menimpa Amazon.

Banyak yang menyangka ini adalah akibar kari kekalahan sebuah perusahan minyak dalam jalur hukum melawan suku asli setempat. Keanehan ini cukup masuk akal, bahkan warganet juga mulai menyambungkan teori tersebut dan semaakin memperkuat penyebab di balik terbakarnya hutan Amazon.

Penyebab terbakarnya Hutan Amazon

"Semuanya mulai masuk akal sekarang. Suku (asli) Amazon memenangkan gugatan terhadap raksasa minyak. Setelah itu terjadi, hutan hujan terbakar. Ini mulai terlihat seperti konspirasi besar," tulis seorang pengguna Twitter dalam pantauan tagar #SaveAmazonia.

Walaupun belum ada hal yang mampu membuktikannya, namun isu tersebut tidaklah mengherankan. Apalagi deretan langkah politik juga mulai diambil oleh presiden Brasil, Jair Bolsonaro. Dirinya berulang kali menyatakan bahwa akan merebut kembali hutan Amazon dari campur tangan LSM dan menawarkan insentif pada suku asli agar menyerahkan tanah demi kehidupan yang lebih baik.

Bahkan dikutip darai Liputan6.com, kebakaran ini terjadi sesaat setelah Bolsonaro memecat kepala Lembaga Penelitian Antariksa Nasional (INPE) Brasil, akibat laporan mereka mengenai kerusakan hutan hujan Amazon yang semakin parah di tahun ini. Hal itu juga diikuti perombakan besar-besaran pada struktur organisasi Kementrian Lingkungan Brasil.

 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Efek Buruk Kebakaran Hutan Amazon pada Perubahan Iklim
Artikel Selanjutnya
Kandungan dalam Skincare yang Berasal dari Hutan Amazon