Sukses

Lifestyle

Tips Menggoreng Ikan Lele Agar Minyak Tidak Meletup dan Lengket

Fimela.com, Jakarta Ikan lele menjadi salah satu ikan yang disukai banyak orang. Selain memiliki rasa yang enak, ikan lele juga memiliki tekstur daging yang lembut.

Lele bisa dimasak dengan cara digoreng atau dimasak menjadi masakan kuah seperti mangut dan kari. Meski ikan lele adalah ikan dengan cita rasa enak, tidak sedikit orang yang tidak suka mengolah ikan lele. Ini mengingat ikan lele yang cenderung berlendir dan rentan lengket saat digoreng.

Agar minyak tidak meletup dan lengket saat menggoreng lele, ada beberapa cara yang bisa diterapkan di rumah Sahabat Fimela. Berikut caranya.

Cara Menggoreng Lele Agar Minyak tidak Meletup

  1. Saat membeli ikan lele, usahakan membeli ikan yang masih segar atau masih hidup. Jika ingin membeli lele yang sudah mati, mintalah sang penjual untuk menyembelih dan membersihkan isi dalam perutnya. Umumnya, ikan lele dijual dalam masih hidup.
  2. Cuci bersih ikan lele yang sudah dibuang isi perutnya. Iris di bagian tubuhnya dan beri air jeruk nipis. Diamkan beberapa menit kemudian cici lagi. Memberi perasaan air jeruk nipis bermanfaat menghilangkan lendir di tubuh lele.
  3. Haluskan bumbu seperti garam, kunyit, bawang putih, kemiri, ketumbar dan sejenisnya. Campur ikan lele bersama bumbu dan diamkan selama beberapa waktu agar bumbu meresap.
  4. Taburkan tepung beras ke tubuh lele secukupnya. Menaburkan tepung beras ini akan menurunkan risiko minyak meletup dan ikan lele lengket.
  5. Goreng ikan lele pada minyak yang benar-benar sudah panas. Usahakan untuk menggunakan minyak lebih dan membuat ikan lele sepenuhnya terendam ke dalam minyak selama penggorengan.
  6. Hindari menggoreng ikan lele dalam jumlah banyak dalam satu wajan. Menggoreng lele dengan jumlah berlebihan dalam satu wajan bisa membuat lele bengkok, tidak cepat matang bahkan lengket satu sama lain.
  7. Balik ikan lele goreng jika bagian bawahnya sudah matang dan kering, Hindari membalik ikan lele jika bagian bawahnya masih basah.
  8. Angkat lele goreng yang sudah kering dan matang.

Itulah cara menggoreng ikan lele agar minyak tidak meletup dan lengket. Cara ini juga berfungsi untuk menggoreng bahan makanan lain seperti daging ayam, daging bebek, ikan laut dan ikan air tawar. Apapun gorengannya, usahakan menggoreng dengan minyak lebih atau merendam bahan yang digoreng untuk meminimalisir minyak meletup.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Menghilangkan Lendir Ikan Lele, Gunakan Satu Bahan Ini
Artikel Selanjutnya
5 Inspirasi Masakan Enak dengan Bahan Dasar Ikan Lele