Sukses

Lifestyle

5 Inspirasi Sambal Enak Bisa Dibuat dengan Mudah di Rumah

Fimela.com, Jakarta Sambal menjadi salah satu makanan yang digemari banyak orang. Meski rasanya sangat pedas, rasanya hampir semua orang tidak bisa menolak kelezatannya. Karena rasa pedas pada sambal, tidak sedikit orang yang nafsu makannya meningkat.

Bicara mengenai sambal, apa nih sambal favoritmu Sahabat Fimela? Apakah dirimu termasuk pribadi yang suka bikin sambal sendiri di rumah? Atau, makan sambal hanya ketika beli makanan di restoran atau warung makan saja?

Membuat sambal sendiri di rumah sebenarnya sangat mudah. Ada beberapa jenis sambal yang bisa dibuat dengan mudah di rumah. Menariknya, beberapa jenis sambal ini adalah jenis sambal yang paling disukai semua orang. Apa saja?

Inspirasi Sambal yang Bisa Dibuat di Rumah

Sambal Bawang

Inspirasi masakan sambal pertama ada sambal bawang. Untuk membuat sambal bawang, dirimu cukup menyiapkan cabai rawit, bawang putih, bawang merah dan garam serta minyak panas. Ulek semua bahan sambal kemudian siram dengan minyak panas agar terasa makin gurih.

Sambal Terasi

Sambal terasi menjadi inspirasi masakan sambal berikutnya. Sambal terasi memiliki cita rasa pedas dna gurih yang khas. Membuat sambal terasi cukup dengan menambahkan terasi ke dalam sambal, ulek lagi sampai halus dan sajikan. Sambal terasi cocok disantap bersama ikan goreng, tahu tempe goreng, sayur lalapan dan nasi putih hangat.

 

Sambal Ijo hingga Sambal Kecap

Sambal Ijo

Sambal ijo juga menjadi sambal yang mudah sekali cara membuatnya. Bahan utama untuk membuat sambal ijo adalah cabai rawit hijau. Sambal ijo bisa menemani makan siang dan malammu agar makin mengesankan.

Sambal Tomat

Jika dirimu menyukai cita rasa sambal yang tak hanya pedas dan gurih tetapi juga segar, saatnya mencoba sambal tomat. Goreng cabai rawit, bawang putih, bawang merah dan tomat hingga matang serta layu. Haluskan semua bahan dengan garam dan gula secukupnya. Sambal tomat siap memanjakan lidahmu.

Sambal Kecap

Buatmu yang suka dengan sambal bercita rasa pedas manis, buatlah sambal kecap di rumah. Haluskan cabai rawit, bawang putih dan bawang merah kemudian siram dengan kecap manis. Jika tak mau menghaluskan bahan sambal, dirimu cukup mengiris bahan dan campur dengan kecap manis.

Itulah beberapa inspirasi masakan sambal yang enak dan bisa dibuat dengan mudah di rumah. Dari beberapa inspirasi sambal yang ada di atas, mana nih yang menjadi favoritmu Sahabat Fimela?

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Inspirasi 7 Masakan Enak dengan Bahan Dasar Ceker Ayam
Artikel Selanjutnya
7 Inspirasi Masakan Enak dengan Bahan Dasar Ikan Teri