Sukses

Lifestyle

Sering Menikmati Alam Bantu Sembuhkan Trauma dan Jaga Kesehatan Mental

Fimela.com, Jakarta Alam memang memberikan banyak hal pada kehidupan manusia bahkan punya pengaruh besar terhadap kesehatan, apalagi kesehatan mental. Ketika seseorang memiliki trauma yang melukai kesehatan mental atau psikologinya, orang cenderung disarankan pergi menikmati alam. Tahukah apa alasannya? Karena alam memang mampu menyembuhkan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pubmed Central Proceeding of the National Academy of Science of the United States of America menemukan bahwa orang-orang yang mengalami depresi atau stres berat mengalami peningkatan mood secara signifikan ketika diminta jalan-jalan ke alam selama 90 menit.

 

Alam Mampu Menyembuhkan Trauma

Menikmati alam dengan berjalan di lingkungan hijau memberikan respon positif menurunkan aktivitas korteks prefrontal subgenual, area otak yang berhubungan dengan pikiran negatif dan trauma masa lalu dari kehidupan. Dengan kata lain, alam mampu menyembuhkan trauma atau pengalaman pahit.

Penelitian lain di Inggris menemukan bahwa orang-orang yang hidup di dekat sawah, perkebunan, taman atau hutan ternyata jarang mengalami stres dan depresi dibandingkan mereka yang hidup di lingkungan metropolitan.

Jadi, jika ingin menjaga kesehatan mental dari stres dan depresi, lebih seringlah jalan-jalan menikmati alam ya Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Menjaga Kesehatan Mental Anak Muda dalam Menghadapi Kecemasan Sosial
Artikel Selanjutnya
Orang Kecanduan Gadget Sebenarnya Tanda Bahwa Ia Kesepian