Sukses

Lifestyle

14 Cara Mengatasi Perut Kembung dan Mual Terus Menerus pada Bayi, Anak, dan Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Perut kembung atau begah adalah kondisi ketika dimana saluran pencernaan terisi udah atau gas yang berlebih. Perut kembung menimbulkan rasa tidak nyaman, nyeri, serta perut yang membesar karena terisi gas. Penyebab perut kembung biasanya karena reaksi kimia pada makanan tertentu yang kita konsumsi, sehingga produksi gas dalam pencernaan meningkat.

Perut kembung dapat terjadi pada siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak dan bahkan bayi sekalipun. Meskipun perut kembung dapat sembuh dalam sendirinya, tapi kamu bisa mempercepat penyembuhannya. Lantas bagaimana caranya? Berikut adalah cara mengatasi perut kembung.

 

 

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi dan Anak

Tak hanya orang dewasa yang dapat mengalami perut kembung, bayi dan anak-anak pun kerap kali mengalami kondisi ini. Perut kembung pada bayi umumnya disebabkan oleh belum sempurnanya fungsi saluran pencernaan mereka.

Sedangkan pada anak, perut kembung disebabkan oleh mereka yang mulai mencoba makanan yang berbeda untuk pertama kalinya sehingga menimbulkan reaksi di pencernaan. Berikut cara mengatasi perut kembung pada bayi dan anak.

Cara mengatasi perut kembung pada bayi

Ada beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi yang dapat dilakukan dengan mudah:

  • Menggosok dan memijat perut bayi dari punggung ke pusar dengan minyak telon dapat membantu mengatasi perut kembung yang dideritanya. Gosokan dan pijatan lembut ini dapat menekan dan membuat angin yang ada dalam perut berkurang.
  • Menepuk punggung bayi dengan pelan membuat bayi terpancing untuk bersendawa. Lakukan ini dengan posisi menggondong bayi seperti pada saat menyusui.
  • Biarkan bayi tengkurap agak lama. Tengkurap dapat membantu gas perut mendapatkan tekanan dari berat badan, sehingga gas dapat dikeluarkan melalui sendawa ataupun buang angin.

Cara mengatasi perut kembung pada anak

Ada beberapa cara mengatasi perut kembung pada anak yang cukup mudah untuk dilakukan:

  • Berikan minuman hangat pada anak seperti teh hangat. Minuman hangat dapat membantu mengatasi perut yang kembung.
  • Kompres air panas juga bisa untuk mengurangi perut kembung serta rasa kurang nyamannya pada perut anak.

Cara Mengatasi Perut Kembung Terus Menerus

Perut kembung yang terjadi terus menerus bisa menjadi indikasi adanya penyakit lain seperti iritasi usus atau sembelit. Hal ini harus segera diatasi dengan cara yang tepat. Berikut cara mengatasi perut kembung terus menerus.

Makan pelan-pelan

Makan yang terlalu cepat dapat membuat banyak udara masuk ke dalam pencernaan sehingga memicu perut kembung. Oleh karena itu, disarankan untuk makan secara perlahan dan pelan-pelan agar makanan yang dikonsumsi dapat dicerna dengan baik oleh tubuh.

Kurangi minuman bersoda

Mengonsumsi minuman bersoda akan menambah jumlah gas dalam perut. Hal ini dikarenakan karbon dioksida pada minuman bersoda menimbulkan gelembung di perut, sehingga mengakibatkan perut kembung. Maka dari itu, kurangi konsumsi minuman bersoda agar tidak mengalami perut kembung.

Makan pepaya dan nanas

Cara mengatasi perut kembung dan mual lainnya, bisa dengan mengonsumsi buah pepaya dan nanas, karena buah ini mengandung zat tertentu yang mempermudah pencernaan memecah makanan. Kamu dapat memilih untuk makan buah-buahan ini sebelum makan nasi sebagai cara mengatasi perut kembung dan mual.

Cara Mengatasi Perut Kembung dan Mual

Perut kembung biasanya kerap disertai dengan mual. Kondisi seperti ini jelas membuat perut menjadi tidak nyaman. Mengatasi perut yang terasa kembung yang disertai mual, sebaiknya jangan buru-buru mengonsumsi obat-obatan. Kamu bisa mengatasinya dengan obat kembung alami yang mudah didapat di rumah.

Cara mengatasi perut kembung dengan jeruk nipis, jahe, dan madu

Jeruk nipis, jahe, dan madu dapat kamu manfaatkan untuk mengatasi perut kembung serta mual.

Caranya mudah:

  1. campurkan ketiga bahan tersebut dalam satu gelas air hangat
  2. aduk hingga rata
  3. lalu segera minum selagi hangat.

Cara mengatasi perut kembung dengan ketumbar dan susu

Ketumbar yang dicampur dengan susu dapat menjadi obat alami untuk mengatasi perut kembung yang disertai mual.

Cara membuatnya:

  1. haluskan 1 sendok ketumbar yang sudah dihaluskan
  2. campur ke dalam segelas susu hangat
  3. minumlah selagi hangat.

Cara mengatasi perut kembung dengan daun mint

Daun mint ternyata bisa berfungsi untuk cara mengatasi perut kembung dan mual yang kamu derita.

Cara membuatnya adalah:

  1. siapkan 4 lembar daun mint
  2. campur ke dalam segelas teh panas
  3. diamkan beberapa saat, lalu diminum.

Cara Mengatasi Perut Kembung Ibu Hamil

Perut kembung merupakan keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil. Hal ini menyebabkan rasa tidak nyaman dan nyeri yang kemudian dapat mengganggu aktivitas ibu. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

Mengontrol stres

Kecemasan dan stres berlebihan pada ibu hamil dapat meningkatkan jumlah udara yang tertelan hingga menyebabkan perut kembung. Kurangi bahkan hilangkan stres sebisa mungkin. Luangkan waktu sejenak untuk tenang dan lakukan latihan pernapasan serta relaksasi.

Gunakan pakaian longgar

Pakaian ketat juga dapat menjadi pemicu timbulnya perut kembung. Oleh karena itu, gunakan pakaian longgar agar terhindar dari keluhan perut kembung. Selain pakaian yang longgar bisa membuat ibu hamil bergerak lebih bebas.

Atur porsi makan

Makan terlalu banyak akan memicu perut kembung. Hal ini dikarenakan butuh waktu lama untuk mencerna makanan. Jadi, sebaiknya cobalah untuk mengonsumsi makanan sedikit namun sering.

 

(Mila Ismiranda/dikutip dari berbagai sumber)

;
Loading