Sukses

Lifestyle

Efektif Lepaskan Stres, Ini 7 Olahraga yang Bisa Membuatmu Happy

Fimela.com, Jakarta Banyak orang sering salah sangka mengira bahwa kesehatan mental hanya berkaitan dengan pikiran yang tidak waras atau gila. Nyatanya, orang tak semudah itu menjadi gila dan kesehatan sama pentingnya dijaga seperti kesehatan fisik pada umumnya. Bahkan kesehatan mental bisa dilakukan dengan cara menerapkan olahraga setiap hari. Ini sekian olahraga yang ampuh menjaga kesehatan mental.

1. Yoga

Yoga menjadi latihan fisik yang paling erat hubungannya dengan pikiran dan mental. Latihan bernapas dan peregangan adalah fokus utama melakukan yoga dan meski tampak sederhana namun efektif melepaskan stres dan membuat tubuh rileks.

2. Jalan kaki

Jalan kaki tak butuh alat dan bisa dilakukan kapan saja, sederhana namun pengaruhnya sangat besar terhadap peredaran darah yang lancar dan asupan oksigen yang lebih baik. Jalan kaki membawa perubahan sederhana dalam rutinitas yang membosankan sehingga bisa menghilangkan penat dan beban pikiran.

3. Bersepeda

Terpaan udara di wajah dan badan bukan hanya membuat tubuh segar namun juga rileks apalagi jika bisa bersepeda sambil menikmati pemandangan alam. Bersepeda adalah olahraga kardio yang bukan hanya menjaga kesehatan jantung tapi juga pikiran yang segar.

4. Pilates

Seperti yoga namun gerakan pilates lebih cepat dan melibatkan kekuatan otot tubuh. Karena dilakukan dengan tempo yang lebih cepat, pilates mampu membuat tubuh lebih bersemangat dan energi positif ini yang menyingkirkan stres.

5. Senam aerobik

Jika ingin sekaligus membakar lemak, senam aerobik bisa dilakukan. bukan hanya membakar energi negatif tapi juga lemak yang ditumpuk di tubuh. Bukan hanya tubuh menjadi ringan, pikiran juga lebih fresh.

6. Lari

Meski dibutuhkan lebih banyak tenaga, namun lari efektif mengosongkan pikiran yang kalut dan buntu bahkan menghilangkan rasa bosan atau penat karena rutinitas yang itu-itu saja.

7. Dancing 

Jika ingin mengeluarkan pikiran dan energi negatif, mendengarkan musik sambil bergoyang adalah cara terbaik untuk dilakukan. Sesederhana ini saja sudah bisa dianggap olahraga menari karena melibatkan gerakan otot tubuh, apalagi dilakukan dengan sesuka hati, dancing bisa memperbaiki suasana hati.

8. Berenang

Merendam diri di dalam air sambil berenang santai ampuh menurunkan suhu tubuh dan membuat kepala dingin. Efek dingin inilah yang membuat nyaman tubuh dan membuatnya rileks.

Jadi, jika sedang stres dan pikiran buntu, olahraga adalah cara terbaik menghibur diri sambil menjaga kesehatan tubuh dan mental.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Bukti Penelitian, Memakai Bra Justru Membuat Payudara Turun
Artikel Selanjutnya
Bukti Studi, Olahraga Ini Ampuh Cegah Penyakit Mematikan Hingga Pikiran Bunuh Diri