Sukses

Lifestyle

10 Jenis Mie Paling Populer di Asia, Mana Favoritmu?

Fimela.com, Jakarta Mie merupakan bahan makanan yang disukai oleh hampir semua orang. Mie juga menjadi bahan makanan yang tak hanya memiliki rasa enak dan menggugah selera tetapi juga kaya nutrisi buat kesehatan tubuh.

Melansir dari laman resepkoki.com, ada beragam jenis mie yang paling populer di Asia dan bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Apa saja jenis mie tersebut?

Mie Telur hingga Mie Wonton

Mie Telur

Mie pertama yang sangat populer ada mie telur. Mie telur memiliki ciri khas berwarna kuning terang atau kuning pucat dengan bentuk bulat kecil panjang. Mie telur bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat dan menggugah selera.

Kwetiau

Mie yang paling populer selanjutnya ada kwetiau. Bentunya pipih dan warnanya agar transparan karena mengandung gluten free. Kwetiau terbuat dari tepung beras dan air. Mie jenis ini bisa dimasak menjadi mie kuah, mie goreng, campuran sup dan masakan menggugah selera lainnya.

So'un

Mie ini terbuat dari tepung pati. So'un memiliki warna transparan dan bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat dan menggugah selera.

Misoa

Jenis mie yang populer selanjutnya ada misoa. Misoa terbuat dari tepung terigu dan memiliki tampilan seperti mie so'un maupun mie bihun. Misoa biasa dimasak sebagai campuran sup atau direbus.

Mie Wonton

Mie paling populer berikutnya ada mie wonton. Mie ini terbuat dari tepung gandum dan telur. Mie wonton memiliki warna kuning seperti mie telur. Biasanya, mie wonton dibuat menjadi pangsit mie atau mie ayam.

Mie Bihun hingga Mie Soba

Mie Bihun

Mie bihun memiliki tampilan seperti mi so'un. Yang membedakan adalah warnanya yang lebih buram dan teksturnya yang lebih lembut atau lembek. Mie bihun umumnya dimasak sebagai campuran sup, digoreng dan atau cukup direbus lalu disiram dengan kuah gurih.

Loe Mien

Mie selanjutnya adalah lo mien. Lo mien berasal dari bahasa Kanton yang memiliki arti mie aduk atau mie lempar. Mie ini bisa dimasak menjadi berbagai masakan lezat dan enak.

Mie Ramen

Mie ramen sangat terkenal di Korea dan Jepang. Mie ini terbuat dari tepung terigu, telur dan garam. Mie ramen memiliki banyak ragam mulai dari rasa, bentuk dan aroma. Tekstur ramen juga bermacam-macam dari yang paling kasar hingga paling lembut, dari yang berukuran besar hingga kecil.

Mie Udon

Mie ini adalah mie yang terbuat dari tepung terigu dan garam. Mie udon memiliki ukuran yang besar-besar sehingga jika kita mangkon satu mangkok saja kita akan merasa sangat kenyang.

Mie Soba

Mie ini merupakan mie yang berasal dari Jepang Utara. Mie soba memiliki warna yang cenderung gelap atau kehitaman. Mie soba sering disajikan sebagai menu mie panjang umur saat ulang tahun atau pada malam tahun baru.

Itulah beberapa jenis mie yang paling populer di Asia dan mudah ditemukan di Indonesia. Dari berbagai jenis mie yang ada, mana yang menjadi mie favoritmu Sahabat Fimela?

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading