Sukses

Lifestyle

8 Cara Menghilangkan Bau Jengkol yang Menyengat Sebelum Diolah

Fimela.com, Jakarta Meski enak, namun banyak orang menghindari makan jengkol karena baunya yang menyengat. Bukan hanya meninggalkan bau di mulut, jengkol juga meninggalkan bau di peralatan makan hingga kamar mandi setelah buang air kecil. Hal ini pasti sangat mengganggu.

Itulah mengapa banyak orang ingin mengurangi atau menghilangkan bau jengkol, ini dia caranya agar bau jengkol hilang sebelum diolah.

1. Merendam semalaman

Rendam jengkol mentah dalam air semalaman. Bahkan ketika direndam, baunya akan keluar dan membuat ruangan bau, jadi ganti airnya dan bilas dengan air bersih jika sudah keruh atau berbusa.

2. Rebus hingga matang

Setelah direndam, rebus jengkol hingga matang. Cara ini juga bisa mengurangi baunya. Cukup sampai matang saja, tak perlu hingga empuk. Buang airnya dan bilas bersih.

3. Cuci dengan air beras

Air beras juga bisa mengurangi bau jengkol, sisihkan air beras setelah mencuci beras. Kupas jengkol dan rendam di dalamnya selama beberapa jam sebelum dimasak.

4. Rebus dengan daun jambu biji

Jika kebetulan ada pohon jambu biji di sekitar rumah, ambil 6 lembar daun jambu biji untuk satu kilogram jengkol. Rebus keduanya hingga jengkol matang, getah dan aroma segar jambu biji akan mengurangi bau jengkol.

5. Rebus dengan kopi

Dengan aroma kopi yang kuat, kita bisa menghilangkan bau jengkol dengan merendam atau merebusnya hingga matang. Jika tak punya waktu merendam semalaman, rebus saja 1 sdm bubuk kopi dengan 1 kilogram jengkol.

6. Rebus dengan daun salam dan kayu manis

Beberapa rempah juga bisa menghilangkan bau jengkol, cukup ambil beberapa lembar daun salam dan kayu manis untuk direbus bersama jengkol. Aroma rempah ini akan mendominasi aroma jengkol.

7. Rebus dengan daun jeruk

Sama halnya dengan daun salam, daun jeruk juga bisa mengurangi baunya. Akan lebih baik jika jengkol sudah dikupas dan dipotong-potong ketika akan direbus agar baunya hilang lebih banyak.

8. Rebus dengan kapur sirih

Ada juga yang menggunakan bubuk kapur dan daun sirih untuk menghilangkan bau jengkol. Bilas bersih setelah merebusnya hingga matang untuk menghilangkan kapur pada jengkol. 

Itu dia sekian cara menghilangkan bau jengkol sebelum diolah atau dimasak. Coba cara manapun yang kamu suka, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading