Sukses

Lifestyle

Mudahnya Bikin CV Digital untuk Kejar Karier Impianmu Lewat Aplikasi Bursa Kerja

ringkasan

  • Google baru saja meluncurkan Kormo, sebuah aplikasi bursa kerja yang memudahkan anak-anak muda menemukan pekerjaan impian mereka.
  • Kormo memiliki fitur CV digital gratis yang otomatis berdasarkan profilmu.
  • Selain itu, ada 4 fitur lain yang Kormo miliki agar proses pencarian pekerjaan impian menjadi lebih mudah dan efisien.

Fimela.com, Jakarta Bagi para generasi Z yang baru saja akan memulai karier dan mencari pekerjaan impian, proses melamar kerja pastinya tidak mudah. Selain harus membuat beberapa CV berbeda sesuai dengan perusahaan dan bidang yang dituju, kadang kamu juga bingung apakah kamu diterima atau tidak. 

Pasalnya, usai mengirim CV dan surat lamaran dan sesi wawancara serta beragam tes lamaran kerja, kamu harus menunggu lama untuk mendapatkan jawaban apakah kamu diterima atau ditolak. Tentu saja, hal ini bikin kamu was-was. Mau tidak mau, kamu akhirnya menyebar CV ke berbagai perusahaan yang kira-kira menarik minatmu dan sesuai dengan bidang pendidikan yang selama ini kamu tempuh. 

Untungnya, Google baru saja merilis Kormo, sebuah aplikasi bursa kerja dan pengembangan karier yang difokuskan untuk NBU. Tujuannya, menghubungkan pencari dengan pemberi kerja untuk mengisi posisi level pemula di sektor-sektor yang kini sedang berkembang. 

Seperti bisnis on-demand, perhotelan, serta retail. Kormo bekerja dengan algoritme pencocokan menggunakan machine learning yang efisien berdasarkan beragam faktor. Seperti keterampilan, pengalaman, kompensasi, lokasi, dan ketersediaan. Pertama kali diluncurkan di Indonesia pada Maret 2019, aplikasi ini sudah membantu lebih dari 50.000 pelamar dan pemberi kerja dalam memenuhi kebutuhan mereka. Ada 5 fitur yang dimiliki Kormo untuk mempermudahmu mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan skill yang kamu miliki. 

1. CV Digital

Kalau selama ini kamu harus membuat CV secara manual sekaligus mendesainnya satu per satu, Kormo akan secara otomatis membuatkanmu CV digital secara gratis. Kamu hanya tinggal mengisi data pada pofil. Bisa juga menghubungkan Kormo dengan akun Google-mu kemudian mengisi informasi diri di menu Profil yang juga berfungsi sebagai CV. 

"Membuat CV itu sulit. Dengan Kormo, kamu cuma butuh a few taps untuk membuat profil dan pilih pekerjaan mana yang menarik bagimu. Juga, kamu bisa mengatur mana pekerjaan yang tidak menarik perhatianmu. Google akan mempelajari semua hal tentangmu," jelas Bickey Russell, Project Lead Kormo pada saat menjadi key speaker di acara Google for Indonesia pada Rabu (20/11) kemarin. 

2. Rekomendasi Pekerjaan

Tidak perlu repot-repot mencari lowongan pekerjaan lewat search engine. Kormo justru akan mencarikan rekomendasi pekerjaan yang sudah dipersonalisasi. Jadi, Google bakal mencarikanmu lowongan pekerjaan yang sesuai dengan profil dan resume yang sudah kamu isi. 

3. Fitur Pelajari

Uniknya lagi, kamu tidak akan grogi lagi pada saat sesi wawancara nanti. Pasalnya, kamu bisa belajar terlebih dahulu dari fitur Kormo yang unik, Pelajari. Di fitur ini, ada banyak sekali tips mengenai lamaran kerja berbentuk video. Mulai dari modul pembelajaran soal kenapa orang ditolak saat melamar kerja, sampai tips berbicara di depan umum. Kormo berpartner dengan Hujan Tanda Tanya untuk menyediakan konten pelatihan profesional ini yang bakal sangat membantumu untuk menemukan karier impian. 

4. Proses Seleksi yang Transparan

Tdak perlu lagi menunggu lama balasan atau jawaban dari perusahaan yang kamu lamar. Soalnya, Kormo akan memberikan notifikasi ketika CV-mu sudah dibaca pihak perusahaan, kamu diterima kerja, atau bahkan ketika kamu ditolak pekerjaan. 

5. Badge

Usai mempelajari keterampilan baru dari Pelajari di aplikasi tersebut, kamu akan mendapatkan badge yang akan muncul pada CV digital. Jadi, perusahaan akan tahu apa saja keterampilan yang sudah kamu kuasai atau pelajari. 

Kedepannya, Kormo akan mengintegrasikan evaluasi dari Rencanamu ke dalam platformnya. Rencanamu merupakan sebuah platform persiapan online berbasis data untuk pendidikan tinggi dan karier. 

#Growfearless with FIMELA

Loading