Sukses

Lifestyle

5 Hal yang Perlu Dilakukan sebelum Resign

ringkasan

  • Siapkan Tabungan untuk Bertahan Setidaknya Setahun ke Depan
  • Selesaikan Sisa Pekerjaanmu Seoptimal Mungkin
  • Jaga Hubungan Baik dengan Klien dan Kolega

Fimela.com, Jakarta Sebelum resign atau keluar dari pekerjaan, ada baiknya sudah memiliki rencana cadangan. Jika sudah punya kepastian akan pindah ke karier atau perusahan berbeda, mungkin tak ada yang perlu terlalu dikhawatirkan. Namun, bagi yang masih ingin mengambil jeda sebelum mencari pekerjaan baru, ada hal-hal penting yang perlu dilakukan.

Ada sejumlah hal yang perlu dilakukan sebelum resign supaya ke depannya tidak terlalu bingung menentukan langkah baru. Bagi yang baru akan resign, berikut beberapa hal penting yang perlu dilakukan.

1. Perbarui Resume

Perbarui atau buatlah resume baru. Setidaknya ini bisa jadi bekal bagimu bila ke depannya ingin mencari pekerjaan baru. Selain itu, di sini kita bisa merangkum berbagai potensi terbaik kita selama bekerja. Sehingga ke depannya kita bisa lebih percaya diri dalam mencoba hal baru.

2. Siapkan Tabungan untuk Bertahan Setidaknya Setahun ke Depan

Ini juga cukup penting untuk dilakukan. Coba siapkan uang atau dana dalam tabungan yang cukup digunakan untuk membiayai hidupmu setidaknya selama setahun ke depan. Jika belum punya pekerjaan baru, setidaknya kita perlu bertahan dengan tabungan tersebut untuk memenuhi beberapa kebutuhan dasar.

 

3. Selesaikan Sisa Pekerjaanmu Seoptimal Mungkin

Karena sudah mengajukan surat resign, bukan berarti kita bisa bersikap cuek dan masa bodoh dengan sisa pekerjaan yang perlu dikerjakan. Tetap lakukan pekerjaanmu sebaik dan seoptimal mungkin. Beri kesan terbaik pada perusahaan dan atasanmu. Ketika hari pertama kerja kita melakukannya dengan baik, maka hari terakhir kerja juga perlu dijalani dengan baik.

4. Cari Mentor

Ingin mencoba membangun usaha sendiri, upayakan kamu sudah memiliki mentor atau orang yang bisa menjadi pembimbingmu. Ingin memulai karier baru di bidang berbeda, usahakan sudah ada orang yang bisa kamu jadikan panutan. Menemukan dan memiliki mentor ini perlu dilakukan supaya ke depannya bisa lebih mudah menentukan arah.

5. Jaga Hubungan Baik dengan Klien dan Kolega

Kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi ke depannya. Penting untuk tetap menjaga hubungan baik dengan orang-orang yang pernah berkomunikasi dan bekerja sama dengan kita. Bila perlu, luangkan waktu khusus untuk berpamitan baik-baik dengan rekan kerja dan klienmu.

Semoga keputusanmu untuk resign kali ini menjadi pilihan yang tepat, ya. Semoga ke depannya kamu bisa lebih sukses dan berhasil dalam hidup dan kariermu.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Memberi Kesan Pertama yang Baik di Tempat Kerja
Artikel Selanjutnya
3 Hal yang Perlu Dilakukan saat Merasa Salah Pilih Karier