Sukses

Lifestyle

5 Tanda Kualitas Tidurmu Buruk dan Tips Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Untuk bisa bangun dalam keadaan bugar dan segar pada pagi hari, yang kita perlukan tak hanya jam tidur yang panjang melainkan kualitas tidur yang kita dapat. Kualitas tidur yang buruk dapat membuat tubuh letih dan kesehatan terganggu.

Sekarang coba kita cek apakah kualitas tidur kita sudah baik? Dilansir dari sleepfoundation.org, ada lima lima tanda kualitas tidur kita kurang baik. Langsung saja simak di sini.

1. Butuh waktu lebih dari 30 menit untuk tidur saat tubuh sudah di atas tempat tidur.

2. Didiagnosis mengalami insomnia.

3. Sering terbangun lebih dari satu kali pada tidur malam hari.

4. Ketika terbangun pada malam hari, butuh waktu lebih dari 20 menit untuk bisa tidur lagi.

5. Waktu tidurmu kurang dari 85% ketika sudah di tempat tidur.

 

Memperbaiki Kualitas Tidur

Apakah kita mengalami tanda dan gejala tersebut? Untuk memperbaiki kualitas tidur yang buruk, ada beberapa tips dasar yang bisa kita coba. Seperti tips-tips berikut ini.

1. Berhenti Menggunakan Gawai 30 Menit sebelum Jam Tidur

Usahakan 30 menit sebelum jam tidur, sudah tidak main ponsel, gawai, atau menonton televisi. Paparan sinar biru dari gawai bisa membuat kita sulit tidur dan mengganggu kualitas tidur kita.

2. Buat Jadwal Tidur Tetap

Buat jadwal tidur yang rutin untuk setiap hari. Kualitas tidur yang baik bisa didapat dari jadwal dan jam tidur yang rutin. Tidur terlalu cepat atau terlalu larut bisa menyulitkan kita mendapat tidur yang nyenyak dan berkualitas.

3. Ciptakan Ritual untuk Merilekskan Tubuh sebelum Tidur

Mandi air hangat, meditasi, atau baca buku bisa jadi aktivitas yang menenangkan dan merilekskan untuk dilakukan sebelum tubuh. Untuk memudahkan proses transisi tubuh agar bisa lebih cepat tidur dan mendapat kualitas tidur yang lebih baik, melakukan sebuah "ritual" menenangkan tersebu bisa cukup membantu.

4. Hindari Minuman Berkafein Setidaknya Enam Jam sebelum Tidur

Hindari konumsi minuman beralkohol. Untuk minuman berkafein, sebaiknya dihindari minimal enam jam sebelum jadwal tidur. Mengonsumsi minuman berkafein yang terlalu dekat dengan jam tidur bisa mengganggu kualitas tidur kita.

Jika masalah dan gangguan tidur kita tak kunjung teratasi, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat, ya. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Tips Menjaga Kebugaran Tubuh saat Pekerjaan Menyita Jam Tidurmu
Artikel Selanjutnya
Sering Mengalami Gangguan Tidur di Malam Hari? Ini Kata Para Ahli