Sukses

Lifestyle

Beragam Jenis Susu yang Bukan Berasal dari Sapi dan Nikmat untuk Dikonsumsi

Fimela.com, Jakarta Beragam alasan dan penyebab yang membuat banyak orang tak dapat mengonsumsi susu sapi. Dari mulai alergi dairy food hingga alasan lainnya. Padahal susu yang biasanya dijual umum adalah susu sapi. Untuk membantu memilah-milah fakta tentang alternatif pengganti susu sapi, berikut saran dari beberapa pakar lingkungan dan nutrisi dilansir dari huffpost.com yang bisa kita intip.

Beberapa detail informasi berikut akan memudahkan kamu dalam membuat keputusan, disertai dengan penjelasan tentang kandungan nutrisi yang ada.

Susu Gandum

Menurut Sujatha Bergen, direktur kampanye kesehatan di divisi kesehatan dan makanan Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam, di antara alternatif produk pengganti susu sapi, susu gandum adalah pilihan yang ramah lingkungan dengan penggunaan air, lahan, dan emisi gas rumah kaca yang cukup rendah. Analisis siklus susu gandum yang dilakukan oleh merek terkenal Swedia Oatly mengatakan, penggunaan lahan dan emisi gas rumah kaca untuk susu gandum sekitar 80% lebih rendah ketimbang susu sapi.

Perihal nutrisi, ahli diet Taylor Wolfram mengatakan bahwa susu gandum lebih rendah lemak namun tinggi karbohidrat jika dibandingkan jenis susu lainnya. Susu gandum memiliki rasa netral dan creamy. Secara keseluruhan, ahli gizi mengatakan susu gandum adalah pilihan yang baik, terutama bagi orang-orang yang alergi kacang kedelai.

Susu Almond

Menurut penelitian, susu almond tidak memiliki potensi pemanasan global. Dari sudut pandang gizi, susu almond adalah pilihan yang sangat baik. Susu almond rendah kalori, lemak dan protein, konsistensinya tipis, dan rasanya cukup ringan dan netral. Cocok untuk dicampurkan ke dalam smoothie. Susu almond juga kaya akan kalsium dan vitamin D.

Susu Macadamia

Kacang macadamia adalah jenis kacang yang biasanya tumbuh di daerah kering. Julieanna Hever, seorang ahli diet menjelaskan bahwa secara nutrisi, susu macadamia adalah alternatif susu sapi yang dapat diterima bagi banyak orang. Susu macadamia biasanya rendah kalori tetapi kandungan lemaknya lebih tinggi daripada beberapa alternatif susu non-dairy lainnya.

 

Jenis susu yang tak berasal dari sapi

Susu kedelai

Susu kedelai bisa menjadi alternatif yang bagus sebagai pengganti susu sapi. Bergen, merekomendasikan susu kedelai organik sebagai pilihan terbaik. Dari sudut pandang gizi, susu kedelai mengandung sekitar enam atau tujuh gram protein per porsi.

Susu kacang polong

Produksi susu kacang polong menggunakan air yang lebih sedikit dibandingkan alternatif susu sapi lainnya. Susu kacang polong juga rendah emisi gas rumah kaca. Nilai tambahnya untuk lingkungan, sebagai tanaman pengikat nitrogen, kacang polong tidak membutuhkan banyak pupuk nitrogen.

Dilihat dari segi nutrisi, susu kacang polong memiliki kandungan kalori yang rendah, tinggi protein dan tidak mengandung lemak jenuh. Susu kacang polong diperkaya dengan vitamin B12 dan mineral lainnya.

 

 

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

#GrowfearlesswithFimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Begini Caranya Tetap Bisa Mencukupi Kebutuhan Kalsium Tanpa Minum Susu
Artikel Selanjutnya
Bukan Cuma Anak-Anak, Ini Alasan Orang Dewasa Juga Baik Konsumsi Susu