Sukses

Lifestyle

Tips Memilih dan Membeli Kepiting yang Segar dan Berkualitas

Fimela.com, Jakarta Kepiting adalah salah satu makhluk laut yang juga banyak diminati untuk dikonsumsi. Banyak sajian seafood kepiting selalu dijual dengan harga mahal meski dagingnya mungkin tidak sebanyak ikan atau seafood lainnya.

Jika ingin memasak sendiri kepiting di rumah karena lebih hemat dan bisa dikreasikan sesuai selera, ketahui dulu bagaimana cara terbaik memilih kepiting yang segar dan berkualitas.

1. Kepiting yang masih hidup

Selalu pastikan kepiting yang kamu beli masih bergerak, matanya berkedip dan hidup. Jangan beli kepiting yang mati karena bukan hanya dagingnya sudah busuk, tapi kemungkinan jika dimasak dagingnya hilang.

2. Berat tubuhnya

Setelah memastikan kepiting yang kamu pilih hidup, rasakan dengan tangan berat kepiting tersebut. Akan lebih baik memilih kepiting yang tidak ringan karena itu berpengaruh pada dagingnya. Pilih kepiting yang berat karena itu tanda kepiting padat dan gemuk.

3. Ketuk cangkangnya

Bisa juga menentukan kepiting gemuk atau tidak dengan cara mengetuk cangkangnya. Jika terasa ada udara di dalamnya, kepiting itu kurus. Pilih kepiting yang jika diketuk tidak berbunyi nyaring, itu tanda kepiting padat dan gemuk.

4. Cek anggota tubuhnya

Pastikan anggota tubuh kepiting lengkap dan tidak terlepas. Karena seringkali dijual dalam bentuk terikat, orang jarang memperhatikan kalau anggota tubuh seperti capitnya, masih utuh dan lengkap atau tidak.

5. Jangan pilih kepiting yang direndam

Pilih kepiting yang ditempatkan di wadah minim air atu kering karena daging kepiting cenderung lembek dan amis saat dimasak jika penjualnya merendam dalam air.

Itu dia sekian tips yang bisa dipraktekkan jika ingin membeli kepiting segar dan berkualitas di pasar.

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading