Sukses

Lifestyle

Tips Membuat Saus Telur Asin Spesial yang Gurih dan Lembut

Fimela.com, Jakarta Sedang ingin makan menu salted egg tapi ingin membuat sendiri di rumah? Bisa sekali, sesekali mencoba masak di rumah memang lebih menantang. Ada banyak resep salted egg yang bisa dicoba tapi tidak semuanya enak dan gurihnya mendang. Ini cara membuat saus salted egg yang mantap.

1. Gunakan telur asin matang

Sebenarnya di pasaran dijual telur asin mentah dan matang, dan saus salted egg bisa dibuat dari kedua-duanya. Namun yang paling enak adalah menggunakan telur asin matang karena tidak terlalu amis dan mempercepat waktu memasak.

2. Gunakan kuningnya saja

Putih telur yang matang tidak digunakan di sini, jika mencampurnya,saus akan bergerindil, tidak lembut san halus. Jadi sisihkan putih telurnya dan cukup lumatkan kuning telur asin saja.

3. Menumis dengan room butter atau margarin

Bukan dengan minyak, agar lebih sedap dan gurih gunakan room butter atau margarin, jika tidak ada bisa juga menggunakan mentega untuk menumis telur asin setelah dilumatkan. Jika tidak suka terlalu asin, bisa menggunakan mentega tawar.

4. Irisan daun bawang

Sebelum memasukkan telur asin, tumis dulu irisan daun bawang untuk menambah citarasa sedap dna gurih saus telur asin. Tidak perlu menggunakan bawang putih, cukup daun bawang. 

5. Tambahkan susu full cream

Jika ingin saus kental lembut dan creamy, daripada air terlalu banyak, tambahkan susu, akan lebih baik jika susu full cream. Cukup 3-4 sendok makan saja, masak dengan api kecil hingga mengental.

Itu dia tips membuat saus telur asin agar gurih dan enak Jika suka pedas, bisa ditambahkan cabai rawit, bubuk cabai atau lada, sesuai selera. Selamat mencoba.

#ChangeMaker with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Menyimpan Gula Halus agar Tidak Memadat dan Menggumpal
Artikel Selanjutnya
Tips Menghaluskan Lagi Gula Halus yang Menggumpal