Sukses

Lifestyle

Pro dan Kontra Minum Kopi Sebelum Olahraga

Fimela.com, Jakarta Minum kopi dan olahraga adalah dua rutinitas yang baik untuk memulai hari. Bahkan ada beberapa orang yang merasa awal harinya kurang tanpa kopi dan olahraga. Namun, apakah keduanya boleh digabungkan? Apakah disarankan untuk minum kopi sebelum olahraga?

Melansir dari Purewow pada Minggu (23/2/2020) kamu bisa minum kopi sebelum olahraga. Perlu dipahami bahwa air dibutuhkan pada sebelum, selama, dan sesudah olahraga. Namun, jangan meraih kopi setelah berolahraga.

Menurut David Middleton yang merupakan Personal Trainer, mengonsumsi kopi setelah olahraga sangat tidak disarankan. Lebih baik hidrasi kembali tubuh dengan air putih terlebih dahulu sebelum mengonsumsi kafein jenis apapun.

Terdapat pro dan kontra terkait minum kopi sebelum olahraga. Dilansir dari laman yang sama, minum kopi sebelum olahraga lebih banyak disarankan. Penasaran pro dan kontranya seperti apa?

 

1. Bisa meningkatkan kinerja

Menurut ulasan studi oleh International Society of Sports Nutrition, kafein berfungsi sebagai bantuan ergogenik yang efektif untuk beraktivitas dengan ketahanan maksimal. Membuat proses olahraga bisa dilakukan lebih lama dan lebih baik. Efek kafein pada tubuh biasnaya memuncak sekitar satu hingga dua jam setelah diminum.

2. Membantu fokus

Stimulan alami, kafein dinilai mampu meningkatkan fokus mental, kewaspadaan, dan fungsi kognitif umum. Kafein dapat memberikan konsentrasi tambahan jika kamu sedang melakukan yoga.

3. Menikmati olahraga lebih banyak

Penelitian di Griffith University di Queensland menyebut bahwa minum kafein sebelum olahraga dapat meningkatkan keluarnya energi. Ditambah lagi, kamu bisa menjadi lebih rileks menjalani olahraga.

4. Mengurangi sakit otot

Menurut studi dari Universitas Rhode Island, kafein dapat mengurangi rasa sakit otot setelah olahraga. Minum kopi sebelum olahraga juga membuat tubuh bagian atas mampu menyelesaikan olahraga beban berat secara berulang karena mempercepat pemulihan otot.

5. Tidak baik dikonsumsi untuk olahraga malam

Disarankan untuk tidak mengonsumsi kopi jika kamu hendak melakukan olahraga malam. Kamu harus berhenti minum kafein antara empat hingga enam jam sebelum tidur. Sehingga jika kamu tetap minum kopi sebelum olahraga malam justru akan membuat tubuh tidak mampu istirahat dengan benar di malam hari.

Simak video berikut ini

#changemaker

Loading