Sukses

Lifestyle

5 Cara Membantu Sahabat yang Mengalami Masalah Tanpa Mengganggunya

Fimela.com, Jakarta Mungkin sulit untuk mengetahui persis apa yang harus dilakukan ketika seorang sahabat sedang mengalami masalah. Sebagai seorang sahabat, kamu pasti ingin memberi mereka sebanyak mungkin dukungan saat mereka sedang menghadapi masalah keluarga, masalah kesehatan, atau sesuatu yang lain. Tetapi kata-kata atau tindakan yang tepat tidak selalu terlintas dalam pikiran. Bahkan ketika mencoba membantu, apakah yang kamu lakukan itu justru mengganggu?

Penting untuk tidak menilai diri sendiri terlalu awal dalam hal ini. Niat baik untuk membantu sahabat mengatasi masalah bisa menjadi sebuah salah paham, jika penyampaiannya salah. Upaya kamu bisa terasa seperti menyerang bukan mendukung.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat ketika membantu sahabat melewati masa-masa sulit menurut para ahli, dilansir dari Bustle.

1. Ajak temanmu bepergian

Bepergian dengan sahabat bisa menjadi cara yang baik untuk menawarkan dukungan. Jika kamu tidak tahu apa yang harus dilakukan atau dikatakan, mulailah dengan jalan-jalan. Banyak orang tidak meluangkan waktu untuk sekadar meluangkan waktu bersama, berjalan-jalan, atau duduk di sofa dengan secangkir teh hangat.

Ini sangat sederhana, namun sangat efektif. Berikan mereka perhatian, dan mereka akan merasa dihargai, dicintai, dan diperhatikan.

2. Hadir dan jadilah pendengar yang baik

Jika kamu ingin memberi saran tapi tidak percaya diri mengungkapkannya, sebenarnya itu tidak masalah. Seringkali yang terbaik adalah adalah mendengarkan dan membiarkan mereka mengekspresikan diri. Mereka perlu tahu bahwa seseorang memahami apa yang mereka alami.

3. Simpan saran untuk nanti

Tahan keinginan untuk memberi saran kepada sahabat yang sedang mengalami masalah. Dalam nada yang sama, tahan dorongan untuk menawarkan saran atau menemukan solusi untuk masalah mereka, kecuali mereka menginginkannya. Tidak nyaman ketika duduk dengan emosi negatif seseorang, tetapi menawarkan solusi tanpa diminta sering kali terasa seperti Anda mengabaikan perasaan mereka.

4. Validasi perasaan mereka

Salah satu cara untuk merespons, tanpa menawarkan saran, adalah dengan bersimpati akan perasaan mereka. Jika mereka berbagi tentang masalahnya dan menyampaikan kekhawatirannya, kamu bisa merespon dengan kalimat dukungan. Beritahu bahwa kamu ada di sini untuk mendengarkannya.

 

5. Tanyakan bagaimana kamu dapat membantu mereka

Jika kamu tidak yakin bagaimana kamu bisa membantunya, tanyakan apa yang mereka inginkan. Tidak ada jawaban yang tepat dalam hal membantu sahabat yang sedang mengalami masalah. Tetapi tentu kamu dapat menunjukkan betapa kamu peduli dengan menemukan cara untuk berada di samping mereka.

Penulis: Iffah Nurahmah

#changemaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Membuat Jengkol Bakar Bumbu Rujak yang Sedap
Artikel Selanjutnya
Sudah Rutin Olahraga, tapi Kenapa Berat Badan Malah Bertambah?