Sukses

Lifestyle

Tips agar Karedok Tidak Berair Setelah Dicampur Bumbu

ringkasan

  • Keringkan sayuran
  • Bumbu yang kental
  • Jangan dibiarkan terlalu lama

Fimela.com, Jakarta Bagi yang suka makan sayuran dengan saus kacang pasti suka jika makan makanan sejenisnya seperti pecel, gado-gado, lotek atau pun karedok. Namun ketika makan karedok seringkali masalah yang dialami sehingga membuat makanan kurang enak dinikmati adalah sayuran dan bumbu jadi berair setelah dicampurkan.

Ini cara membuat karedok agar tidak berair setelah dicampur bumbu.

1. Keringkan sayuran

Tiriskan sayuran yang sudah dicuci dengan baik hingga tak ada air yang tergenang atau menetes dari sayuran. Jika masih terlalu basah, karedok akan rentan berair setelah dicampur bumbu. Jika ragu, lap dulu sayuran agar kering.

2. Bumbu yang kental

Jika masih ragu sayuran akan membuat karedok mudah berair, pastikan membuat bumbu yang tidak terlalu cair. Ulek bumbu yang kental sehingga karedok tidak akan terlalu cair. Saat membuatnya, jangan dicampur air atau beri sedikit air saja.

3. Jangan dibiarkan terlalu lama

Setelah sayur dicampurkan dengan bumbu, jangan dibiarkan terlalu lama agar tidak berair. Sayuran mentah cenderung akan mengeluarkan air jika sudah terkena garam, dan karena bumbu mengandung garam, sayur akan mudah berair. Karedok lebih enak jika langsung disantap segera setelah dicampurkan.

Itu dia sekian cara yang bisa dilakukan jika tak ingin karedok berair dan tak enak dinikmati. Semoga bermanfaat.

#ChangeMaker with FIMELA

Loading