Sukses

Lifestyle

Selain untuk Mencegah Kehamilan, Pil KB Memiliki Manfaat Kesehatan untuk Perempuan

Fimela.com, Jakarta Pil KB merupakan obat untuk mencegah kehamilan. Iru merupakan metode pengendalian kelahiran yang efektif dan nyaman. Tetapi pil KB juga menawarkan manfaat lainnya. Berikut ini beberapa manfaat dari pil KB untuk kesehatan.

Selain untuk mencegah kehamilan, sebagian besar perempuan menggunakan pil KB untuk mencegah kehamilan. Namun masalah lain yang berhubungan perempuan dapat diobati dengan menggunakan pil KB.

Mengatur Periode Haid

Jika dirimu mengalami haid yang tidak teratur atau tidak dapat diprediksi pil KB dapat membantu mengatur siklus haid. Jika haid terlambat lebih dari 35 hari, mungkin saja hal itu terjadi karena kurangnya progesteron dalam tubuhmu. Pertumbuhan selaput yang berlebihan dalam rahim, juga dapat menyebabkan pendarahan hebat selama periode haid dan meningkatkan resiko kanker atau pertumbuhan abnormal dalam selaput rahim.

BACA JUGA

Mengurangi Resiko Kista Ovarium

Alasan umum lainnya untuk mengalami haid yang tidak teratur adalah PCOS (Polycystic Ovary Syndrome). Fungsi pil progesteron adalah untuk membantu mengatur produksi lapisan rahim, sehingga mencegah pembentukan kista.

Cegah Anemia

Perempuan dengan perdarahan hebat selama haid mereka cenderung menderita kekurangan darah, seiring berjalannya waktu ini dapat menyebabkan anemia. Untuk meningkatkan kadar zat besi, pil KB hormonal dapat meringankan haid, sehingga seseorang tidak mengalami kehilangan darah berlebihan. Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan meminum pil KB tidak hanya meningkatkan zat besi tetapi juga menemukan kelegaan dari gelaja anemia.

Bersihkan Jerawat

Jika mengalami jerawat hormon secara teratur, mungkin dirimu dapat mencoba perawatan jerawat konvensional tanpa hasil, mungkin dirimu ahrus mempertimbangkan untuk mengonsumsi pil untuk memperbaiki ketidakseimbangan hormonmu. Banyak dokter meresepkan pil KB untuk mengobati jerawat yang membandel di wajah bagian bawah, dada, punggung dan rahang. Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi pil KB, sebaiknya konsultasikan dengan dokter apakah tepat untuk perawatan hormonal.

Berikut tadi beberapa manfaat pil KB untuk kesehatan. Jika hendak menggunakan pil KB sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Jangan asal menggunakan tanpa anjuran dari dokter.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading