Sukses

Lifestyle

6 Tips Mendekorasi Rumah Idaman dari Pakar Interior

Fimela.com, Jakarta Rumah bak lemari pakaian. Bagaimana kamu akan mendekorasinya, tergantung pada selera masing-masing. Tapi bukan berarti kamu bisa sembarang mendekor, sebab mempercantik rumah juga memiliki aturan sendiri, sebagai cerminan para pemiliknya.

Mendekorasi rumah dapat dilakukan oleh siapa saja, bahkan jika kamu bukan seorang arsitek sekalipun. Melansir dari Fashion Beans, para pakar interior ingin membantu membimbing kamu dalam seni mendekorasi rumah, mereka memberikan kiat-kiat mewujudkan rumah idaman sesuai yang kamu inginkan.

1. Rumahmu milikmu

"Mulailah dengan kanvas kosong dan biarkan kepribadian kamu menemukan hal-hal yang kamu sukai," kata Geraldine James, seorang pakar interior. “Jika kamu memiliki hasrat yang tinggi terhadap musik atau seni, jadikan itu sebagai fokus ruangan. Jika kamu suka memasak, berinvestasilah dalam peralatan masak dan makan profesional."

Memilih beberapa bagian penting yang kamu butuhkan saja, sehingga dapat menciptakan lebih banyak ruang dan nuansa modern sembari tetap mencerminkan karaktermu.

2. Atur pencahayaan

Pencahayaan itu relatif, "Kamu dapat membuat atau menghancurkan ruang dengan pencahayaan," kata Rob Owen, desainer interior senior. Banyak ruang modern yang cenderung memiliki pencahayaan yang kurang pada langit-langit, dan tampilannya pun monoton karena cahaya yang diawarkan terlalu seragam.

Gunakan berbagai macam bentuk lampu, seperti lampu meja, dan lampu lantai di sekitar ruang agar memungkinkan kamu untuk dapat mengontrol suasana yang ingin kamu capai.

3. Berkreasi dengan dinding

Jangan takut untuk mengecat ruangan dan berkreasi sesuai yang kamu inginkan. Coba pikirkan tentang bagaimana kamu benar-benar ingin mengekspresikan dirimu melalui warna-warna cat yang kamu suka.

4. Menyesuaikan bentuk rumah

"Dengan ruang dengan harga premium, maksimalkan dengan furnitur yang pas," saran duo desain interior Jordan Cluroe dan Russell Whitehead.

Lengkapi ruangan dengan cermin, pot bunga artifical, jam, atau hiasan ruangan lainnya untuk mengisi ruang kosong dari lantai hingga langit-langit, agar rumah semakin tampak luar biasa.

5. Ketahui perbedaan antara ‘kebutuhan’ dan ‘keinginkan’

Sering kali keinginan menjadi yang lebih utama dibanding kebutuhan, padahal apa yang kamu butuhkan itu pastinya lebih penting untuk diutamakan. “Pertimbangkan anggaran kamu dan tidak ada gunanya menghabiskan uang untuk sofa yang mahal namun kemudian tidak memiliki meja makan," kata Geraldine James.

Kamu bisa meletakkan hiasan-hiasan dinding pada bagian yang kamu minati dan akan membantu kamu membuat tema secara keseluruhan untuk interior rumah kamu. Ini juga bisa menjadi cara yang baik untuk menyingkirkan hal-hal yang tidak perlu, sehingga kamu hanya akan membeli apa yang kamu butuhkan saja.

6. Warna kontras adalah kunci

Seperti memilih baju, kamu juga bisa melakukan warna-warna cat yang cocok untuk di mix and match agar tampilan rumah tidak membuatmu bosan untuk memandangnya. Gunakan teknik layering dengan menyatukan warna-warna kontras seperti lantai kayu gelap berpasangan dengan permadani abu-abu pucat, sofa kulit coklat yang dilengkapi bantal berwarna lebih terang.

#ChangeMaker

Penulis: Iffah Nurahmah

;
Loading