Sukses

Lifestyle

Ruang Ramah Perempuan Gojek dan Fitur-Fitur Proteksi Keamanan Lainnya

Fimela.com, Jakarta Gojek menghadirkan inisiatif #AmanBersamaGojek untuk membuat seluruh penumpang perempuan merasa aman selama perjalanan. Transportasi online dengan segala teknologinya mampu mengubah gaya hidup masyarakat secara signifikan.

Bukan hanya gaya hidup saja, transportasi online kini sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Namun, jaminan keamanan penggunaan transportasi online masih sering menjadi kekhawatiran tersendiri bagi banyak orang, terutama para perempuan dengan mobilitas tinggi yang mengharuskan mereka pulang larut malam.

Ditambah, pelecehan seksual kepada perempuan yang kerap terjadi saat dalam perjalanan. Hal ini mampu mendorong Gojek untuk meningkatkan standar keamanan bagi pelanggan sebagai prioritas utama Gojek.

 

Bertepatan dengan peringatan Hari Perempuan Internasional, Gojek meluncurkan inisiatif #AmanBersamaGojek untuk menunjukan komitmennya dalam menghadirkan layanan transportasi daring paling aman melalui tiga pilar yaitu, pilar teknologi, proteksi, dan edukasi.

Monita Moerdani, selaku SVP Transportasi Marketing Gojek menjelaskan bahwa dalam mewujudkan rasa aman bukanlah hal yang mudah jika hanya dilakukan oleh perseorangan saja tanpa adanya dukungan dari pihak lain.

"Kami ingin menyadarkan masyarakat untuk menciptakan ruang publik yang aman, namun kita tidak bisa bergerak sendiri, sehingga kita butuh menggerakkan semua yang ada di sekitar kita untuk sama-sama mewujudkan rasa aman, tidak hanya untuk pengguna tapi juga untuk mitra driver sendiri," Jelas Monita, saat ditemui dalam Press Conference #AmanBersamaGojek di Jakarta, pada Rabu (11/03).

 

 

Peran tiga pilar dalam mewujudkan perjalanan yang aman  

 

Pilar teknologi

Melalui pilar ini, Gojek ingin memastikan keamanan perempuan saat menggunakan aplikasi yang bisa diakses dalam berbagai fitur di aplikasi Gojek yang diberi mama Gojek SHIELD. Fitur tersebut diantaranya mencakup penyamaran nomor telepon pelanggan dan driver, fitur membagikan perjalanan yang juga bisa kamu bagikan kepada orang-orang terdekat melalui berbagai aplikasi sosial media, agar dapat dengan mudah melacak perjalananmu.

Selain itu, ada juga tombol darurat yang terhubung dengan Customer Care dan Unit Darurat yang siaga 24/7 ketika kamu menghadapi hal-hal yang mencurigakan terakit perjalanan atau dalam situasi darurat.

Pilar proteksi

Untuk meningkatkan keamanan, Gojek menghadirkan Zona Aman Bersama Gojek yaitu ruang ramah perempuan yang akan memanfaatkan ratusan shelter atau titik jemput Gojek yang ada di berbagai lokasi di Indonesia. Zona Aman Bersama Gojek mudah kamu temui karena lokasinya yang strategis, dekat dengan keramaian dan terutama berada di titik transportasi publik.

Pilar edukasi

Dengan memberikan edukasi terkait kesadaran publik dalam menciptakan budaya aman satu sama lain, Gojek bergerak untuk mensosialisasikan langkah-langkah untuk melawan pelecehan seksual di ruang publik dengan bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk pemerintah, organisasi internasional, hingha LSM.

Sebagai platform penyedia layanan transportasi online di Indonesia, Gojek menyadari bahwa keamanan dan keselamatan adalah prioritas utamanya, mengingat 55% dari total perjalanan GoRide dan GoCar di malam hari dilakukan oleh pelanggan perempuan.

Sehingga, melalui tiga pilar #AmanBersamaGojek ini diharapkan masyarakat serta mitra gojek mampu menciptakan ruang publik yang lebih aman, terutama untuk perempuan.

(Iffah Nurahmah)

#ChangeMaker 

;
Loading