Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Ayam Bakar Mentega yang Empuk

Fimela.com, Jakarta Ingin membuat ayam bakar mentega yang lezat? Ternyata caranya cukup mudah. Racikan bumbu dan bahan-bahannya sangat simpel dibuat.

Cuma kadang permasalahan dalam membuat ayam bakar adalah tekstur dagingnya yang masih alot. Kali ini untuk membuat ayam bakar mentega yang empuk, caranya bisa cukup mudah. Langsung saja simak langkah-langkahnya di sini, ya.

Daging Ayam Diungkep dengan Bumbu sampai Air Menyusut

Untuk mengolah 500 gram ayam, bahan-bahan yang perlu disiapkan antara lain:

  • 2 lembar daun salam
  • 3 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1/2 sdm ketumbar
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe
  • garam, penyedap rasa, dan lada bubuk secukupnya

Semua bahan bumbu diulek halus. Tambahkan daun salam yang disobek-sobek. Cuci bersih ayam yang sudah dipotong-potong. Lalu, ungkep daging ayam dengan bumbu. Tambahkan air sampai membuat daging ayam cukup terendam. Ungkep selama beberapa jam sampai airnya menyusut. Ketika air sudah menyusut, bumbu sudah meresap dan daging terasa lebih empuk.

Siapkan Bumbu Olesan

Ambil sedikit air sisa bumbu ungkepan ayam. Campurkan dengan mentega dan kecap secukupnya. Bumbu ini yang akan digunakan sebagai olesan untuk memanggang atau membakar daging ayam.

Ayam Bisa Dipanggang Menggunakan Teflon

Setelah selesai diungkep, ayam bisa langsung dibakar atau dipanggang. Kita bisa menggunakan alat pemanggang untuk memanggang daging ayam. Jika tidak ada alat pemanggang, kita bisa menggunakan teflon. Panggang atau bakar daging ayam sambil diolesi bumbu sampai matang.

Ayam bakar mentega bisa dinikmati dengan sambal kecap atau sambal lain sesuai favoritmu. Cukup mudah membuatnya, 'kan? Selamat mencoba.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading