Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Kue Apem yang Empuk dengan 7 Bahan Saja

Fimela.com, Jakarta Kue apem biasanya dibuat untuk acara-acara khusus. Kue tradisional ini pun kerap dibuat pada momen jelang bulan Ramadan. Kue ini diyakini bermula dari Ki Ageng Gribig, yaitu keturunan Prabu Brawijaya yang kembali dari perjalanan ke tanah suci dengan membawa kue apem. Kue yang kemudian dibagi-bagikan ke masyarakat ini kemudian menjadi budaya dan sesuatu kebiasaan di saat syukuran.

Kue apem punya tekstur yang khas sendiri. Walau mungkin tak selembut bolu, tapi kita bisa membuat apem yang empuk dan enak. Dengan tujuh bahan berikut ini, kita bisa membuat kue apem yang empuk.

  • 250 gram tepung beras
  • 60 gram tepung terigu
  • 200 gram gula pasir
  • 1/2 sdt fermipan
  • 400 ml santan kelapa encer, direbus lalu didiamkan sampai hangat
  • 1/2 sdt vanili
  • 100 gram tape singkong

Uleni Tape Singkong dengan Tepung

Tape singkong dilumatkan sampai halus. Tambahkan gula pasir, lalu uleni sampai tercampur rata. Setelah itu, masukkan tepung terigu dan tepung beras. Uleni sampai tercampur semua.

 

Siapkan Larutan Ragi

Siapkan gelas, campur fermipan dengan air hangat suam-suam kuku. Aduk rata. Tunggu selama kurang lebih 5 menit hingga fermipan aktif. Larutan ragi yang aktif ini bisa langsung dicampurkan ke adonan tepung. Tambahkan ragi sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Tambahkan santan kelapa. Aduk rata.

Diamkan Adonan Selama 1 Jam

Tutup wadah dengan serbet bersih. Diamkan adonan selama kurang lebih satu jam. Sementara itu, panaskan cetakan kue apem. Olesi cetakan dengan mentega.

Tuang adonan ke dalam cetakan. Tutup dan panggang sampai matang. Apem yang empuk siap disajikan.

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Menu Hari Ini: Tumis Jamur Kancing, Sayur Sop Brokoli dan Telur Puyuh Goreng
Artikel Selanjutnya
Resto Berkonsep Masak-Racik Sendiri di Hot Plate dengan Harga Affordable