Sukses

Lifestyle

Menjaga Pola Makan Sehat selama WFH dengan Mudah

Fimela.com, Jakarta WFH atau work from home adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan aktivitas bekerja dari rumah selama pandemi virus Corona saat ini. Tidak hanya menjaga efektivitas dari aktivitas bekerja itu sendiri, menjaga pola makan sehat juga menjadi tantangan tersendiri selama WFH. Apa kamu juga merasakannya?

Namun, bukan berarti tidak bisa dilakukan, dilansir dari huffpost.com, Minggu (22/3/2020), berikut ini adalah beberapa tips menjaga pola makan sehat selama WFH. Penasaran?

1. Menerapkan jadwal

Kamu harus memiliki jadwal WFH seperti ketika kamu berangkat ke kantor. Aturlah keseharianmu selama WFH seperti hari kerja biasa dengan sarapan dan istirahat makan siang. Atau yang paling mudah adalah mengikuti jadwal anak, ketika mereka sarapan, ikutlah sarapan bersama mereka, sama halnya dengan makan siang, tidur siang, dan makan malam.

 

 

2. Aktivitas makan harus dilakukan jauh dari meja kerja

Makan di meja kerja akan membuatmu susah fokus di sepanjang sisa hari. Istirahatlah sebentar untuk membantu menjernihkan pikiran.

3. Menetapkan batas kafein dan meningkatkan hidrasi

Salah satu tantangan dari WFH adalah mengonsumsi kafein lebih banyak daripada hari biasanya, benar? Hal ini jelas akan berpengaruh pada kesehatanmu, sehingga penting untuk memiliki batasan kafein.

Jika kamu harus mengonsumsi kafein, minumlah kopi di antara jam 9 sampai 11 siang, ini adalah waktu terbaik untuk mengonsumsi kafein sehingga tidak mengganggu siklus tidur di malam hari. Selain itu, penting untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan baik sepanjang hari.

4. Siapkan makanan ringan yang sehat

Tidak berlebihan, namun juga tidak membiarkan diri sendiri kelaparan dengan makanan ringan yang sehat. Namun, sebelum mengonsumsi makanan ringan, kenali rasa lapar yang dirasakan terlebih dahulu, apakah itu karena kamu bosan, stres, kesal, atau kesepian.

Buah dan smoothie sangat baik dijadikan sebagai makanan ringan, tidak hanya karena mengenyangkan, namun juga menghidrasi tubuh dengan baik. Atau jika kamu tidak ingin terbiasa ngemil, biasakan diri untuk makan 3 kali sehari.

5. Membuat jurnal makanan

Ini adalah hal yang sangat pribadi, apa yang bekerja baik untukmu mungkin tidak bekerja dengan baik untuk orang lain. Intinya, mengisolasi diri sendiri selama pandemi jelas berbeda dengan bekerja di rumah saat kondisi normal, sehingga penting untuk menjalaninya dengan baik dan tenang. Selamat mencoba!

#ChangeMaker

;
Loading