Sukses

Lifestyle

Cara Mudah Mengatasi Penolakan dari Seseorang

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar ketakutan akan penolakan bergantung pada keinginan untuk disetujui oleh orang lain. Jangan mendasarkan harga diri pada pendapat mereka. Masa mudah adalah masa yang paling beresiko mengalami masalah ini. Ini sebenarnya merupakan langkah maju bagi diri seseorang. Karena sebelum itu seseorang menghabiskan banyak waktu sepenuhnya dan menghindari situasi di mana seseorang dapat ditolak. Mungkin itu menyakitkan, namun, seseorang harus belajar bagaimana menangani dan mengatasi penolakan. Berikut ini beberapa cara untuk seseorang yang mengalami penolakan.

Luangkan Waktu untuk Memprosesnya

Mencoba memaksa optimisme atau bergerak maju ketika dirimu masih berada dalam kekacauan emosional atau sedikit terkejut biasanya tidak berhasil dengan baik. Jadi pertama-tama hanya perlu sedikit waktu untuk memproses pikiran dan perasaan yang muncul ketika di tolak. Pada awalnya kemungkinan akan sakit. Tidak apa-apa, hanya dengan perasaan dan pikiran itu alih-alih mencoba mendorong mereka menjauh. Karena jika dirimu melakukannya dan membiarkan mereka masuk dan menerima bahwa itu akan menjadi lebih cepat dan dalam jangka panjang rasa sakit itu mungkin tidak terlalu menyakitkan. Jika dirimu disisi lain mencoba mendorongnya semua maka emosi tersebut cenderung muncul pada waktu yang tidak terduga dan dapat membuatmu moody, marah atau pesimis.

Fokus Pada Apa yang Masih Dimiliki dalam Hidup

Luangkan waktu untuk pmikiran yang muncul. Tapi jangan terjebak dalam hunian dan menyeret dirimu ke lautan keraguan dan pikiran negatif. Alih-alih, ubah fokusmu kea pa yang sebenarnya masih dirimu miliki. Memanfaatkan rasa terima kasih membantumu untuk meletakkan apa yang terjadi dalam perspektif dan tidak membiarkannya membanjiri dirimu.

Katakan Tidak Pada Kritikan Batin

Ketika menghadapi penolakan maka mudah untuk mulai memukul diri sendiri dan menyeret diri lebih jauh ke bawah dan mendengarkan batin. Pengkritik batin adalah suara yang membisikkan atau menggerakkan dalam pikiran tentang bagaimana dirimu tidak cukup menarik. Tidak cukup pintar atau tidak berhasil dalam hidup. Dan sebaiknya tolak kritikan batin yang dapat membuat dirimu semakin terpuruk.

Menceritakan Pada Keluarga atau Teman

Jika dirimu merasa sakit karena mendapatkan penolakan dan jika tidak dapat mengatasinya sendiri, ada baiknya untuk bercerita pada orang terdekat seperti keluarga atau teman. Ini mungkin melegakan dirimu, dan bahkan mereka dengan senang hati memberikan saran kepadamu.

Ingatlah Hal ini Bersifat Sementara

Ketika dirimu ditolak maka dirimu mungkin mulai berpikir bahwa ini hal yang sifatnya permanen dan berpikir luka akan selalu ada di sana. Mungkin dirimu juga berpikir akan selalu gagal dalam bidang kehidupan ini. Jangan biarkan dirimu dipenuhi dengan pikiran negatif ini, sebaiknya teruslah membuat perubahan yang lebih baik dan berpikir positif.

Proses apa yang terjadi, pelajari apa yang bisa dipelajari tetapi jangan biarkan penolakan menghentikan dirimu terlalu lama dan membuat dirimu berpikir negatif.

#Changemaker

;
Loading