Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Tubuh, Cocok untuk Mencegah Obesitas

Fimela.com, Jakarta Buah kurma adalah buah yang menjadi ikon saat bulan ramadan karena merupakan makanan favorit Nabi Muhammad SAW saat menjalankan ibadah puasa. Biasanya buah kurma disajikan sebagai takjil untuk berbuka puasa dilengkapi bersama teh hangat sebagai minumannya.

Buah yang berukuran kecil berwarna coklat ini juga biasanya disajikan sebagai kudapan untuk menjamu tamu di rumah. Bagi para pecinta kurma sendiri, buah ini bisa menjadi camilan ringan untuk menemani aktivitas sehari-hari.

Buah yang berasal dari Timur Tengah ini tidak hanya memiliki rasa yang enak tetapi juga memiliki segudang khasiat yang menyehatkan, salah satunya adalah mencegah obesitas karena kandungannya sangat mengenyangkan sehingga cocok untuk dikonsumsi pada saat sahur.

Selain dapat mencegah obesitas, buah kurma memiliki banyak khasiat lainnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buat kamu yang penasaran tentang khasiat dari buah kurma, kali ini Fimela.com akan membagikan informasi 5 manfaat buah kurma untuk kesehatan tubuh. Cek manfaat selengkapnya berikut ini.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat buah kurma yang pertama ialah dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan didalam tubuh. Hal ini disebabkan karena buah kurma mengandung banyak serat, sekitar 6,4% hingga 11,5% kandungan kurma terdiri dari serat terutama jenis yang tidak larut.

Buah yang kaya akan jenis serat tidak larut dapat membantu memadatkan feses dan melancarkan pencernaan. Memakan makanan berserat setiap hari yakni, sekitar 25-30gr/hari dapat membuat anda terhindar dari masalah pencernaan seperti diare dan sembelit.

Buah kurma juga memiliki kandungan fenolik yang tinggi, kandungan ini dapat membantu membersihkan usus sehingga menurunkan risiko terkena kanker usus. Pastinya kalau kamu mau sistem pencernaanmu terjaga, buah kurma bisa jadi pilihan buah yang rutin untuk kamu konsumsi.

Memelihara Kesehatan Tulang

Manfaat buah kurma yang kedua adalah dapat memelihara kesehatan tulang. Buah kurma memiliki banyak kandungan yang dapat menjaga dan membuat tulang kita senantiasa kuat. Beberapa kandungannya seperti selenium, mangan, tembaga, dan magnesium yang sangat dibutuhkan oleh tulang.

Kesehatan tulang penting untuk diperhatikan karena semakin lama orang akan semakin menua dan tulang juga perlahan akan ikut melemah. Maka dari itu, untuk menjaga agar tulangmu tetap sehat dan kuat, disarankan rajin mengkonsumsi buah kurma karena kandungannya yang baik untuk tulang.

Buah kurma juga mengandung sejumlah mineral sehingga membuatnya menjadi makanan super untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit atau kondisi yang menyebabkan tulang rapuh dan keropos, seperti osteoporosis.

Mencegah Terjadinya Anemia

Kondisi anemia pasti sangat mengganggu produktivitas karena tubuh mengalami gejala seperti, letih, lesu, lunglai, lemas, dan mudah lelah. Gejala anemia bisa terjadi karena tubuh kamu kekurangan zat besi. Kabar baiknya, ternyata buah kurma dapat menjadi sumber makanan untuk mencegah anemia karena memiliki kandungan zat gizi yang tinggi.

Kandungan zat gizi yang tinggi pada buah kurma akan membantu proses pembentukan sel darah merah, meningkatkan energi dan kekuatan, sekaligus mengurangi rasa lelah dan lemas. Selain itu, buah kurma juga memiliki kandungan mineral yang tinggi dan pastinya bermanfaat untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan.

Mencegah Risiko Penyakit Diabetes

Selanjutnya, buah kurma adalah buah yang baik untuk dikonsumsi karena dapat mencegah risiko penyakit diabetes. Diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula (glukosa) darah. Glukosa yang menumpuk didalam darah tidak dapat diserap oleh tubuh dengan baik sehingga menimbulkan gangguan pada organ tubuh.

Sedangkan penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Journal, menunjukkan bahwa buah kurma mempunyai indeks glikemik rendah. Buah asal Timur Tengah ini jika dikonsumsi tidak akan langsung melonjakkan kadar gula darah.

Walaupun rasanya manis, mengkonsumsi buah kurma tidak serta-merta langsung meningkatkan risiko Anda terkena diabetes. Justru, kandungan serat dalam buah ini akan membantu Anda mengurangi risiko diabetes. Serat tak larut dalam buah kurma akan dicerna lebih lambat di dalam perut sehingga membantu tubuh lebih baik mengontrol kadar gula darah.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Terakhir, manfaat buah kurma untuk kesehatan tubuh adalah dapat mencegah obesitas karena membantu menurunkan berat badan. Tentu saja buah kurma bisa masuk kedalam list makanan diet yang bisa kamu konsumsi setiap hari.

Tiap 100gr buah kurma mengandung 284 kalori dan 76gr karbohidrat. Fakta ini menjadikan buah kurma sebagai makanan yang tinggi kalori. Namun di sisi lain, buah ini juga tinggi serat dan memiliki protein jenis tak larut.

Kandungan dua jenis gizi tak larut yang lebih tinggi ini yang membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Namun, tetap ingat untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan karena untuk menjaga berat badan tidak hanya dengan mengkonsumsi kurma, harus diimbangi juga dengan pola makan sehat serta rutin berolahraga.

Smartfren WOW Virtual Concert
;
Loading