Sukses

Lifestyle

Mengenal Tes Kepribadian MBTI, Preferensi Kondisi Psikologis dalam Memandang Dunia dan Membuat Keputusan

Fimela.com, Jakarta Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan tes kepribadian MBTI atau singkatan dari Myers-Briggs Type Indicator, pernah coba sebelumnya? MBTI adalah kuesioner laporan diri introspektif yang menunjukkan preferensi psikologis seseorang.

Versi asli MBTI diciptakan oleh Katharine Cook Briggs dan putrinya Isabel Briggs Myers. MBTI didasarkan pada teori konseptual tes kepribadian yang dikemukakan oleh seorang psikiater asal Swiss Carl Jung.

Carl Jung berpendapat bahwa seseorang memahami dunia menggunakan 4 fungsi psikologis utama, yaitu sensasi, intuisi, perasaan, dan pemikiran. Sebagian besar waktu, salah satu dari 4 fungsi ini akan terlihat dominan pada seseorang, seperti dilansir dari beberapa sumber.

Ada 4 kategori dalam MBTI, yaitu introversion atau extraversion, sensing atau intuition, thinking atau feeling, dan judging atau perception. MBTI berfungsi untuk memilah beberapa perbedaan psikologis menjadi 4 pasang yang berlawanan, menghasilkan 16 jenis psikologis yang tidak ada satupun kepribadian lebih baik atau lebih buruk dari lainnya.

 

 

Myers-Briggs Type Indicator

Ke 16 jenis psikologis ini biasanya disingkat dengan huruf awal dari masing-masing preferensinya. ESTJ untuk extraversion (E), sensing (S), thinking (T), judgment (J) atau INFP untuk introversion (I), intuition (N), feeling (F), perception (P).

Menurut Myers dan Briggs, tipe ENTJ cenderung self driven, memotivasi, energik, tegas, percaya diri, dan kompetitif. Mereka mengambil gambaran besar dari segala sesuatu, membangun strategi jangka panjang, tahu apa yang diinginkan, dan dapat memobilisasi orang lain untuk membantu mereka mencapai tujuan.

Sedangkan INFJ adalah mereka yang teliti dan bermoral, mereka cenderung mencari makna dalam hubungan dengan tujuan untuk lebih memahami diri mereka sendiri dan orang lain. Orang-orang ini memiliki visi yang jelas, percaya diri, dan menganggap masalah sebagai peluang untuk merancang dan mengimplementasikan solusi kreatif.

Myers-Briggs Type Indicator

Ada juga INFP yang memfokuskan energi mereka pada perasaan dan etika. Orang-orang ini selalu berusaha untuk memahami orang lain di sekitar mereka.

ISTJ adalah mereka yang berusaha melakukan segala hal dengan kemampuan terbaik dan menerapkannya dengan praktis dan berguna. Mereka sangat memperhatikan detail dalam pekerjaan.

Terakhir adalah INTP yang lebih suka bekerja secara informal dengan orang lain yang berada di level yang sama dengan mereka atau mereka lebih suka bekerja sendirian. INTP juga lebih sering terlihat menyendiri yang sebenarnya mereka sedang fokus mengumpulkan informasi.

Kamu sudah pernah coba MBTI? Apa preferensi psikologismu, sahabat FIMELA?

#ChangeMaker

;
Loading