Sukses

Lifestyle

Apakah Sehat Minum Susu dan Pisang Sekaligus? Ini Faktanya

Fimela.com, Jakarta Susu dan pisang mungkin menjadi kombinasi makanan yang tampak sehat, karena susu dan buah pisang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, tapi apakah benar-benar sehat jika diminum bersamaan karena bagaimana pun susu dan pisang memiliki kalori yang tinggi.

Secara sederhana, orang tak akan bermasalah minum susu yang dicampur dengan buah pisang atau pun memblendernya menjadi satu dan dimium bersamaan. Tapi bagaimana sebenarnya kandungan gizinya dan apa manfaat minum susu pisang?

Seperti dikutip dari FoodData Central, susu mengandung protein, kalium, vitamin B dan fosfor yang tinggi sehingga sangat baik memenuhi kebutuhan tubuh. Penelitian yang diterbitkan dalam PubMed Central juga menyebutkan bahwa susu kaya akan kalsium yang berguna untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang.

Sedangkan pisang tinggi serat, karbohidrat, mangan, kalium, dan vitamin B6, bahkan tinggi vitamin C larut dalam air yang berperan sebagai antioksidan sehingga mudah diserap tubuh untuk mencegah kerusakan sel. Minum susu yang dicampur dengan pisang bisa dibilang merupakan kombinasi yang sangat baik memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.

Manfaat dan Risiko Kesehatan

Susu pisang terutama sangat baik dikonsumsi setelah olahraga karena mampu memenuhi energi setelah tubuh membakar banyak kalori, menurut penelitian dari PubMed Central. Makan makanan dan minuman yang tepat dapat membantu pertumbuhan otot, meningkatkan kebugaran tubuh dan mempercepat pemulihan otot setelah olahraga.

Penelitian yang dimuat dalam jurnal kesehatan Nutrients bahkan menyatakan bahwa asupan karbohidrat justru mampu membantu pembentukan glikogen yang disimpan di dalam otot yang rusak selama olahraga terjadi.

Tapi minum susu pisang juga punya risiko kesehatan. Secara umum satu buah pisang berukuran sedang memiliki 105 kalori berdasarkan FoodData Central, dan 237 ml susu mengandung 149 kalori dari lemak dan kandungan lainnya. Ketika kedua makanan ini digabungkan, kalorinya memang cukup tinggi. Jika tidak disesuaikan porsi dan kebuthuannya untuk tubuh, bukannya sehat, minum susu pisang justru akan meningkatkan risiko kenaikan berat badan.

Jadi, apakah minum susu dicampur pisang itu sehat? Tentu sehat, namun harus diperhatikan pula porsi dan kebutuhannya. Jika tidak, justru akan memicu kegemukan.  

#ChangeMaker with Fimela

;
Loading