Sukses

Lifestyle

6 Tips Membuat Sup Krim yang Tidak Menggumpal dan Kentalnya Pas

Fimela.com, Jakarta Ketika ingin membuat sup krim sendiri di rumah, seringkali orang menemui kesulitan membuatnya, salah satunya adalah sup jadi menggumpal, bergerindil dan teksturnya kasar tak sesuai harapan. Ternyata, ada sekian tips dan trik yang bisa dilakukan agar berhasil membuat sup krim yang halus dan lembut tidak menggumpal.

1. Jangan menuangkan tepung ke dalam air panas

Ketika memasak bumbu, jangan sekali-kali langsung menuangkan tepung maizena ke dalam air panas, karena pasti akan menggumpal ketika diaduk. Inilah kesalahan pertama dan sangat fatal ketika membuat sup krim. Pada akhirnya tepung tidak matang dan bumbu sia-sia dimasak sehingga harus dibuang.

 

2. Larutkan tepung dengan air lebih dulu

Pastikan telah melarutkan tepung maizena dengan air biasa (air suhu ruangan) terlebih dahulu. Aduk rata hingga tidak ada yang bergerindil. Jika sudah dilarutkan dan ada yang mengendap di bawah, kocok lagi hingga tercampur rata sebelum menuangkannya ke dalam bumbu yang dimasak.

3. Saring adonan

Jika ragu apakah masih ada yang berberindil atau takut ada yang berpasir, saring adonan sebelum dituang ke dalam bumbu yang dimasak. Pastikan telah mengecilkan api saat menuangkan larutan tepung ke dalam air panas di dalam panci.

4. Gunakan air kaldu

Jika menginginkan rasa lebih gurih, gunakan air kaldu. Ini kunci utama jika ingin sup krim lebih kaya rasa. Air kaldu, baik kaldu sayur maupun sapi dan ayam juga membantu meningkatkan aroma sup yang lebih menggugah selera.

5. Tambahkan susu

Tambahkan susu secukupnya pada sup krim jika ingin tekstur yang lembut dan lebih gurih. Susu menciptakan tekstur halus di mulut. Jangan menuang susu di awal karena akan meruak susu, tuang sat kuah sudah matang dan tinggal angkat.

6. Perhatikan perbandingan bahan

Pastikan tidak terlalu banyak tepung atau terlalu banyak air jika menginginkan sup krim yang kental dan tampak menggugah selera. Terlalu banyak tepung akan membuat sup krim terlalu padat bahkan akan terlalu liat seperti adonan cireng. Jika terlalu banyak air, sup krim lama mengental.

Itu dia sekian tips yang bisa diterapkan ketika ingin membuat sup krim yang berhasil dengan tekstur lembut halus di mulut dan tidak menggumpal.

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading