Sukses

Lifestyle

3 Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan dan Tips agar Dagingnya Lembut

Fimela.com, Jakarta Ikan yang masih segar atau baru ditangkap tidak akan berbau amis. Bau amis pada ikan merupakan kondisi yang wajar terjadi bila ikan sudah dibiarkan beberapa lama setelah ditangkap.

Pada hampir semua jenis ikan atau boga bahari, terdapat kandungan yang disebut trimethylamine oxide (TMAO). Mengutip lama cooksillustrated.com, kandungan tersebut tidak berbau saat ikan dan kerang-kerangan masih hidup. Tapi saat ikan dan kerang-kerangan sudah dalam keadaan mati, kandungan TMAO berubah menjadi TMA (trimethylamine). TMA inilah yang memiliki bau amis.

Untuk menghilangkan bau amis ikan ada sejumlah tips dasar yang bisa dicoba. Langsung saja simak di sini keterangannya.

1. Cuci dengan Air Dingin

Saat ikan yang baru dibeli (yang tadinya tidak berbau) kemudian mulai berbau amis, segera cuci dengan air dingin. HIndari penggunakan air panas. Mengutip laman lifehacker.com, air dingin bisa menghilangkan bakteri dan TMA pada ikan. Setelah selesai dicuci, bisa segera ditepuk-tepuk dengan tisu dapur dan ditiriskan.

2. Rendam dalam Susu

Susu mengandung protein yang disebut kasein. Kasein adalah protein susu yang mencakup 80% dari protein total susu. Kandungan tersebtu dapat mengikat TMA dan menghilangkan bau amis pada ikan. Rendam ikan dalam selama kurang lebih 20 menit sebelum diolah.

Ikan yang direndam dengan susu juga bisa membuat dagingnya lebih empuk saat diolah. Susu dapat menetralkan bau sekaligus menambahkan sedikit rasa gurih dan manis yang ringan pada daging ikan. Bila ingin membuat olahan ikan dengan hasil dagingnya yang lebih empuk, bisa coba rendam terlebih dahulu dalam susu.

3. Gunakan Asam

Bahan yang mengandung asam bisa menetralkan TMA. Kita bisa menggunakan air perasan jeruk nipis, air perasan jeruk lemon, cuka masak, atau larutan asam jawa untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Rendam selama beberapa saat dalam larutan yang berbahan asam lalu dibilas dengan air mengalir untuk kemudian diolah.

Semoga tips dan info di atas bermanfaat dan memudahkanmu dalam membuat olahan ikan, ya.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading