Sukses

Lifestyle

Bahagiakan Diri dengan Rutin Menggambar

Fimela.com, Jakarta Mengubah kebiasaan lama memang tidak mudah. Mengganti kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik pun kadang butuh proses yang tak sebentar. Membuat perubahan dalam keseharian dan hidup selalu memiliki perjuangannya sendiri. Melalui Lomba Change My Habit ini Sahabat Fimela berbagi kisah dan tulisannya tentang sudut pandang serta kebiasaan-kebiasaan baru yang dibangun demi hidup yang lebih baik. 

***

Oleh: Nitya Krisnantari

Di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini, saya sering merasa cepat bosan dan stres. Ditambah tidak bisa berlama-lama bepergian ke luar rumah, otomatis harus terbiasa bertahan di dalam rumah. Sedangkan hiburan di rumah biasanya seputar tontonan di TV, online streaming, atau scrolling medsos. Kalau hanya melakukan kebiasaan itu-itu saja untuk menghibur diri, rasa bosan akan cepat kembali "mampir".

Awal bulan Mei, saya melihat unggahan teman saya (seorang ibu dari 2 anak perempuan) yang membuat mainan edukasi sendiri untuk dimainkan bersama anak-anaknya. Wah kreatif sekali, pikir saya saat itu.

Saya jadi berpikir, apa yang bisa saya buat untuk mengisi waktu luang saya supaya lebih bermanfaat. Saya pun baru teringat kalau saya sudah lama tidak menggambar. Dulu, setelah menyelesaikan kuliah S1, sambil mencari pekerjaan dan punya banyak waktu luang, saya mengisinya dengan menggambar. Bahkan saya sengaja membuat akun Instagram baru yang isinya khusus hasil gambar saya saja. Saya pikir sekarang saat yang bagus untuk memulainya lagi.

Kalau dulu saya menggambar kapan pun saya mau, kali ini saya ingin lebih rutin dan teratur menggambar. Saya pun membuat jadwal gambar, awalnya mingguan, lalu bulanan. Supaya lebih menarik, saya tuliskan di jadwal per hari apa yang akan saya gambar. Contohnya, Minggu pertama tema tanaman, Senin menggambar daun monstera, Rabu menggambar kaktus. Minggu kedua saya ganti tema lagi menjadi pemandangan, begitu seterusnya.

Seiring waktu, saya merasa lebih teratur dan pastinya bahagia. Apalagi setelah dua bulan ini rutin menggambar, saya senang sekali melihat buku sketsa saya penuh dengan gambar kreasi saya. Ada gambar yang dibuat dari bahan cat air, pensil warna, pensil saja, dan crayon.

Selain hasilnya, saya juga jadi lebih menghargai proses dalam berkarya dan mengenal diri sendiri. Tentunya ada rasa puas, juga jadi punya pilihan lain mengganti kebiasaan lama dengan rutinitas yang lebih produktif.

#ChangeMaker

;
Loading