Sukses

Lifestyle

Apa Mungkin Mencintai Seseorang dan Mantan Pacar Sekaligus?

Fimela.com, Jakarta Mungkin tidak mudah untuk melupakan mantan pacar. Apalagi jika kenangan bersamanya tercipta begitu dalam. Namun, tak ingin terus menerus terjebak dengan masa lalu bukan? Sehingga mencintai orang lain bisa menjadi salah satu cara untuk mengalihkan perhatian pada mantan pacar.

Permasalahannya adalah apakah mungkin kamu mencintai seseorang dan mantan pacar sekaligus? Dilansir dari Elite Daily pada Rabu (8/7/2020) Elizabeth Earnshaw yang merupakan terapis pasangan menyebut bahwa hal tersebut sangat mungkin terjadi.

Perasaan sebagai teman

Dengan cara yang sama kita mencintai banyak saudara kandung, teman, atau anggota keluarga. Kita dapat mencintai lebih dari orang secara romantis, bukan?

"Mungkin kamu tidak lagi tertarik untuk bersama karena kamu tahu hubungan itu tidak sehat atau tujuan itu tidak cocok, tetapi kamu mungkin masih memegang kebaikan cinta dalam hati untuk mereka. Mungkin kamu mencintai mereka sebagai teman yang baik," ungkap Earnshaw.

Meski kamu telah mengalami perpisahan dan berpikir siap untuk memulai berkencan lagi, ketahuilah bahwa sebenarnya kamu tidak sepenuhnya siap karena masih memiliki perasaan yang melekat pada mantan pacar.

 

Menjadi cara melupakan mantan pacar

Kecuali jika kamu dengan tegas memutuskan tidak ingin menjalin hubungan dengan mantan, sementara kamu sendiri masih memiliki perasaan dengannya. Sehingga mungkin baik bagi kamu untuk menjalin hubungan baru.

Namun jika perasaan cinta kamu masih terkait dengan keinginan untuk berhubungan dengan mantan pacar, maka lebih baik luangkan waktu untuk menyelesaikannya secara individu. Sehingga kamu bisa jujur dengan pasangan yang baru.

"Melupakan mantan bukanlah tindakan membuang pengalaman di tempat sampah dan berpura-pura tidak pernah terjadi. Melainkan perjalanan kasih sayang dan cinta diri untuk memungkinkan pengalaman yang memengaruhimu, membuatmu merenung, dan berduka," tambah Earnshaw.

 

Merasakan masa kesedihan

Salah satu metode yang ia sarankan untuk melepas perasaan romantis adalah dengan menciptakan "Masa Kesedihan" sepanjang hari. Masa kesedihan ini menjadi saat di mana membiarkan diri merasakan semuanya melalui musik maupun perjurnalan untuk mengenang kembali.

Menurut Earnshaw, ini menjadi saatnya kamu untuk menangis dan merasakan spektrum emosi secara utuh setelah kehilangan hubungan yang penting. Untuk itu, kamu harus meluangkan waktu untuk kembali terhubung dengan teman, melakukan banyak olahraga, dan mengerjakan sesuatu.

Kamupun bisa membuat kenangan baru di tempat favoritmu bersama mantan. Menurut Earnshaw, seiring berjalannya waktu, perasaan sakit akan berkurang ketika kamu mulai membuat kenangan baru.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading