Sukses

Lifestyle

Aturan 30-3-3 untuk Melakukan Olahraga selama Masa Pandemi

Fimela.com, Jakarta Belum berani olahraga selama masa pandemi? Jika iya, kamu tidak sendirian, bahkan banyak orang belum berani keluar rumah dan ini bukan masalah.

Namun, jika kamu ingin segera kembali melakukan olahraga selama masa pandemi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti dilansir dari purewow.com. Penasaran apa saja?

1. Mencoba metode 30-3-3

Untuk kembali melakukan olahraga, jangan langsung melakukan aktivitas fisik seperti saat sebelum masa pandemi. Tubuhmu tidak memiliki kondisi yang sama ketika kamu berhenti melakukan olahraga, sehingga penting untuk memulainya secara perlahan. Cobalah mulai dengan 30 menit, 3 kali setiap 3 minggu.

2. Jangan melewatkan pemanasan

Pemanasan yang dilakukan dengan benar sangat penting setiap kali kamu akan melakukan olahraga. Sebelum olahraga, lakukan peregangan yang dinamis, sedangkan setelah selesai olahraga, lakukan peregangan yang statis dengan berdiri atau duduk di tempat.

 

3. Mendengarkan tubuhmu

Tidak sakit bukan berarti aktivitas fisik yang kamu lakukan tidak bermanfaat. Justru olahraga tidak boleh membuatmu merasa kesakitan.

4. Tetap terhidrasi

Minum air yang cukup tidak hanya memberi energi pada tubuh dan menghilangkan kelelahan, namun juga mengatur suhu tubuh dan mencegah otot-otot kram. Pastikan kamu minum air yang cukup, terutama jika kamu akan banyak berkeringat.

5. Menciptakan rest day

Rest day sangat penting saat kamu sedang rutin melakukan olahraga. Rest day berfungsi mempertahankan gaya hidup sehat dan mencegah cedera akibat kelelahan. Selamat mencoba!

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

;
Loading