Sukses

Lifestyle

7 Tips Membuat Cakwe yang Mengembang, Lembut dan Berongga

Fimela.com, Jakarta Ketika ingin makan cakwe memang paling mudah beli di luar tapi jika kebetulan ingin membuat sendiri di rumah, caranya memang harus diperhatikan dengan baik karena jika tidak tepat bahan dan triknya, cakwe bisa bantet dan tidak enak dimakan. Ini caranya agar cakwe mengembang dan berongga sehingga enak disantap.

1. Dua adonan

Ada dua jenis adonan untuk membuat cakwe, yaitu bahan kering dan biang. Buat dulu bahan biang dari gula, ragi dan air. Setelah berbusa, baru campurkan ke dalam bahan kering. Jika langsung mencampur semua bahan cakwe pasti tidak akan berhasil mengembang.

2. Bumbu yang tepat

Agar lebih nikmat, jangan hanya diberi garam. Bumbu yang bisa ditambahkan adalah bawang putih, lebih baik gunakan bawang putih bubuk daripada bawang putih segar karena akan membuat adonan tidak halus dan lembut karena ada bawang putih yang bergerindil. 

3. Baking powder dan baking soda

Jangan hilangkan kedua bahan ini jika ingin cakwe goreng hisa berongga. Kedua bahan ini membantu membuat adonan mengembang dan berongga bagian dalamnya.

4. Pilihan tepung

Gunakan tepung protein tinggi karena semakin tinggi kandungan glutennya semakin baik dan elastis sehingga adonan cakwe bisa lentur dan lembut.

5. Uleni hingga kalis

Pastikan menguleni adonan hingga kalis karena proses pembuatan adonan akan sangat menentukan cakwe seperti apa yang akan terbentuk.

6. Diamkan adonan

Jangan langsung digoreng, adonan baiknya didiamkan selama 1 jam hingga mengembang. Jika sudah mengembang, silakan dibentuk memanjang dan membulat sebelum digoreng.

7. Goreng deef frying

Pastikan menggoreng cakwe dengan minyak panas yang banyak atau teknik deep frying karena inilah cara terbaik agar cakwe bisa matang merasa, mengembang dengan baik dan berongga.

Nah, itu dia tips membuat cakwe yang bisa diterapkan di rumah. Semoga bermanfaat, Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Loading