Sukses

Lifestyle

Kesehatan adalah Kemerdekaan Mutlak Individu, Berikut 5 Cara Tingkatkan Imun Tubuh

Fimela.com, Jakarta Indonesia merayakan Hari Kemerdekaannya pada 17 Agustus setiap tahunnya. Kini, Indonesia telah merdekan selama 75 tahun. Namun, sudahkah kamu merdeka untuk menikmati hidupmu? Pasalnya, kemerdekaan bukan hanya terlepas dari sebuah penjajahan, tetapi juga memiliki arti yang sangat luas, termasuk merdeka untuk memiliki kesehatan tubuh yang baik, sehingga kamu bisa menjalani hidup dengan lebih leluasa. 

Sayangnya, kemerdekaan Indonesia sekarang kini sedang terbelenggu akibat pandemi COVID-19 dan bergaam penyakit menular lainnya. Untuk itu, penting sekali bagi Sahabat Fimela untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imun tubuh. Menurut Ahli Gizi dr. Hilna Khairunissa M. Gizi Sp.Gk, ada begitu banyak cara untuk meningkatkan kesehatan. Salah satunya dengan pola makan bergizi seimbang. 

Sayangnya, data RISKESDAS menunjukkan, 95,4% masyarakat Indonesia kurang mengonsumsi buah dan sayur. Padahal, kedua hal ini sangat penting untuk imun tubuh yang baik. Memenuhi kebutuhan tubuh akan sayuran dan buah juga tidak cukup. Berikut 5 cara meningkatkan imun tubuh agar tubuh menjadi sehat. 

1. Konsumsi Buah dan Sayur yang Cukup

Buah dan sayuran, seperti yang sudah disebutkan di atas, sangat penting untuk memberikan asupan serat dan nutrisi yang diperlukan tubuh. Serat yang baik dapat membuat pencernaan sehat. Dengan begitu, imun tubuh pun menjadi kuat. Penelitian menunjukkan, 70% sel imun terdapat dalam sistem pencernaan. Selain itu, dengan pencernaan sehat makan nutrisi akan lebih mudah dan optimal untuk diserap tubuh. 

Selain mengonsumsi buah dan sayur, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen seperti FibreFirst bisa menjadi alternatif untuk memenuhi asupan serat dan nutrisi harianmu jika dalam sehari-harinya kamu belum dapat memenuhi kebutuhan serat yang cukup.

2. Olahraga Rutin 

Mengonsumsi makanan sehat saja tidak cukup. Kamu tetap harus berolahraga secara teratur. Olahraga akan membuat tubuhmu bugar dan ideal. 

3. Berpikir Positif

Pola pikir positif merupakan hal yang cukup penting bagi kesehatan seseorang. Berpikir positif merupakan kunci utama dalam mengelola stres, yang berperan dalam mendatangkan banyak kesehatan, seperti tidak mudah sakit, usia harapan hidup lebih panjang, tingkat depresi lebih rendah, mampu berpikir kreatif, dan kemampuan memori serta daya konsentrasi lebih tinggi. 

4. Tidur Cukup 

Jangan lupa untuk tidur cukup. Selain itu, tidurmu juga harus berkualitas. Jam tidur yang cukup dan berkualitas juga dapat meningkatkan imun tubuh, daya ingat, dan pengendalian nafsu makan. 

5. Detox

Jangan lupa untuk membuang racun yang ada dalam tubuh dengan detoksifikasi. Detox merupakan sebuah proses memerdekakan tubuh dari kotoran dan racun menumpuk, terutama pada sistem pencernaan. Sehingga, penting sekali untuk melakukan detox secara rutin. Apalagi jika kamu sering mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak, gula, garam, dan rendah serat. 

“Karena itulah sangat penting agar proses detoksifikasi dalam tubuh dapat berlangsung dengan optimal untuk membuang keluar semua racun dan zat-zat berbahaya dari tubuh. Agar detox lebih optimal dapat juga dibantu dengan mengonsumsi suplemen kesehatan FibreFirst”, kata Nourmatania Istiftiani SKM selaku Scientific FibreFirst.

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Loading
Artikel Selanjutnya
13 Manfaat Minyak Herbal dari Rempah untuk Kesehatan
Artikel Selanjutnya
Meraih Cita-Cita Jadi Duta Kesehatan dan Mendapat Beasiswa dengan Cara Ini