Sukses

Lifestyle

Pengertian dan Unsur-Unsur Budaya yang Harus Diketahui

Fimela.com, Jakarta Di negara Indonesia memiliki banyak sekali adat dan budaya, yang memiliki unsur-unsur budaya yang berbeda. Unsur budaya merupakan konsep budaya secara umum, yang sering disebut dengan kultur universal.

Menurut pandangan seorang tokoh antropologi Indonesia yaitu Koentjaraningrat, bahwa kebudayaan merupakan sebuah keseluruhan dari sistem gagasan, yang dilakukan dengan tindakan dan menghasilkan sebuah karya manusia, dalam rangka kehidupan bermasyarakat, yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.

Unsur-unsur budaya itu sendiri, terdiri dari beberapa unsur yaitu sistem bahasa, sistem pendidikan, sistem kekerabatan dan organisasi, sistem peralihan hidup dan teknologi, sistem ekonomi, sistem keagamaan dan sistem kesenian.

Berikut unsur-unsur yang ada didalam kebudayaan, yang harus kamu mengerti dan pahami, dilansir dari berbagai sumber:

Sistem Bahasa

Unsur budaya yang pertama adalah sistem bahasa. Saat berkomunikasi, tentu saja kita menggunakan bahasa baik dilakukan secara tertulis maupun secara lisan. Bahasa merupakan sebuah lambang atau ciri-ciri dari suatu suku atau adat tertentu.

Tradisi atau warisan yang diberikan secara turun temurun adalah bahasa. Sehingga bahasa dijadikan suatu unsur di dalam kebudayaan, untuk menentukan asal budaya dan adat seseorang.

 

Sistem Pendidikan

Unsur kebudayaan yang kedua adalah unsur sistem pendidikan. Dalam kebudayaan, pendidikan sama saja dengan pengetahuan yang dijalankan oleh masyarakat, dan diwariskan secara turun temurun terhadap generasinya.

Selain pendidikan yang dilakukan di dunia sekolah, masyarakat juga memiliki pendidikan tersendiri, yang hanya dipelajari oleh masyarakat adat tersebut, seperti pendidikan atau ilmu pengetahuan tentang kalender pertanian.

Sistem Kekerabatan dan Organisasi

Dalam unsur kebudayaan, terdapat sistem kekerabatan atau organisasi sosial, yang dilakukan oleh masyarakat adat tersebut. Sistem kekerabatan atau organisasi sosial ini, dilakukan untuk membentuk masyarakat yang menghasilkan suatu adat dan aturan tertentu.

Menurut Koentjaraningrat, masyarakat yang memiliki kerabat atau organisasi sosial ini, memiliki kehidupan sosial yang diatur oleh adat istiadat, yang didasari dari kesatuan yang ada dilingkungan masyarakat tersebut.

Sistem kekerabatan atau organisasi sosial ini bisa terbentuk karena adanya jenis perkawinan, prinsip menentukan pasangan, adat menetap dan jenis keluarga.

Sistem Peralatan Hidup dan Teknologi

Unsur kebudayaan yang selanjutnya adalah sistem peralatan dan teknologi. Dari adanya sistem peralatan dan teknologi ini, kita jadi mengerti tentang alat yang digunakan di dalam masyarakat adat tersebut, baik alat yang digunakan untuk memasak, alat persenjataan, alat komunikasi hingga alat transportasi.

 

Sistem Ekonomi

Dalam unsur kebudayaan, juga terdapat sistem ekonomi yang merupakan mata pencaharian dari masyarakat adat tersebut. Sistem ekonomi yang dilakukanoleh masyarakat tradisional adalah berburu, beternak, bercocok tanam, menangkap ikan danmenetap dengan sistem irigasi untuk bertahan hidup.

Tetapi di era modern ini, masyarakat sudah mengikuti perkembangan sistem industri, dengan mengandalkan pendidikan yang memadai, belajar keahlian tertentu, danmencar pekerjaan untuk mendapatkan gaji.

 

Unsur kebudayaan yang selanjutnya adalah sistem religi. Sistem religi adalah suatu kepercayaan masyarakat terhadap keyakinan, upacara keagamaan dan penganut religi tersebut.

Dalam masyarakat adat, sistem religi ini mencakup beberapa unsur kepercayaan yaitu tentang mitos, legenda, cerita, buku, tempat, benda atau lain-lain yang mereka anggap sakral dan harus dihormati.

Kesenian

Unsur kebudayaan yang terakhir yaitu sistem kesenian. Kesenian yang dilakukan oleh masyarakat adat memiliki beberapa unsur seni seperti patung tradisional, ukiran adat, hiasan, musik, tari-tarian dan jenis kesenian lainnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading