Sukses

Lifestyle

Cara Alami untuk Menyembuhkan Penyakit Ambeien

Fimela.com, Jakarta Ambeien atau yang biasanya disebut dengan wasir, adalah sebuah penyakit yang menyerang bagian anus. Penyakit ini disebabkan karena berbagai hal seperti terlalu lama duduk, mengalami kehamilan, obesitas dan juga karena pola hidup yang kurang sehat.

Ambeien ditandai dengan adanya pembuluh darah yang membesar atau membengkak di area usus besar bagian akhir atau rektum, dan juga pembengkakan pada area dubur atau anus. Penyakit ambeien ini bisa menyerang berbagai usia, namun penyakit ini paling sering muncul pada orang yang sudah lanjut usia atau yang berumur lebih 50 tahun.

Ada berbagai cara yang bisa membantu menyembuhkan penyakit ambeien ini. Mulai dari perawatan atau pencegahan ambeien di rumah, pengobatan oleh dokter, hingga operasi ambeien. Diartikel kali ini akan membahas tentang cara alami untuk menyembuhkan penyakit ambeien, dilansir dari Merdeka.com:

Mengonsumsi Serat

Cara alami yang pertama untuk membantu mengatasi penyakit ambeien. yaitu dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat. Makanan berserat bisa ditemukan pada sayuran-sayuran hijau, gandum dan buah-buahan.

Mengonsumsi makanan berserat bisa emmbantu melancarkan sistem pencernaan. Makanan berserat juga bisa mencegah rasa sakit pada anus, meredakan pembengkakak, dan bisa mencegah konstipasi.

Makanan yang mengandung serat harus dikonsumsi pada saat sarapan, makan siang dan juga makan malam. Selain itu imbangi juga dengan nutrisi lainnya, yang terkandung dalam makanan yang kamu konsumsi sehari-hari.

Merendam Air Hangat

Pada saat terjadi ambeien, Sahabat Fimela bisa meredakan penyakit ambeien dengan cara alami, seperti berendam dengan air yang hangat. Air hangat dipercaya bisa membantu melancarkan sirkulasi darah yang ada di dalam tubuh.

Air hangat juga bisa membantu mengatasi dan menenangkan pembuluh darah yang membengkak. Kamu bisa merendam area pantat di ember yang berisi air hangat, dengan dicampur garam epson pada air tersebut, untuk membantu pengobatan ambeien lebih cepat.

Menggunakan Es Batu

Cara alami yang ketiga unutk membantu mengatasi penyakit ambeien, yaitu dengan mengompres ambeien dengan es batu. Dari dulu es batu dipercaya bisa membantu mengatasi pembengkakan, dan juga menenangkan rasa nyeri pada bagian tubuh yang sakit.

Sahabat Fimela bisa menyiapkan beberapa es batu, kemudian dibungkus menggunakan kain atau handuk yang lembut, dan kamu bisa duduk di atas es batu tersebut selama beberapa waktu. Walaupun rasanya sangat dingin, namun cara ini bisa membantu mencegah pembengkakan pada bagian yang ambeien.

Ubah Posisi Tidur

Mengubah cara tidur dengan benar, bisa membantu mengatasi penyakit ambein agar tidak terasa nyeri. Sahabat Fimela bisa mengambil posisi tidur terlentang, untuk dan memindahkan titik fokus tubuh yang membengkak karena ambeien.

Saat tidur terlentang, posisikan kaki lebih tinggi dari pada tubuh, untuk membantu mengatasi penyakit ambeien. Kamu bisa mengganjal kaki dengan bantal, agar posisi kaki lebih tinggi. Mengubah posisi tidur ini, juga bisa membantu melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Jangan Menahan Buang Air Besar

Cara alami yang bisa membantu mencegah ambeien selanjutnya, yaitu tidak boleh menahan buang air besar terlalu lama. Jika perut terasa mules, lebih baik segera ke kamar mandi dan buang air besar.

Rajin melakukan buang air besar setiap hari, bisa membantu mencegah terjadinya konstipasi. Konstipasi dan sembelit ini bisa memicu timbulnya ambeien, dan membautmu merasakan sakit pada saat buang air besar.

Jangan Duduk Terlalu Lama

Ambeien bisa disebabkan karena terlalu lama duduk. Sehingga cara alami yang bisa mengatasi penyakit ambeien yang terakhir, yaitu usahakan jangan duduk terlalu lama, apalagi pada kursi yang memiliki bahan keras, seperti besi atau kayu.

Kursi yang memiliki bahan keras, bisa memicu munculnya ambeien pada saat BAB. Usahakan untuk duduk di kursi yang bahannya empuk seperti sofa. Atau siapkan bantal duduk, untuk mengganjal pantat saat duduk di bangku yang keras.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading