Sukses

Lifestyle

Hari Olahraga Nasional, 3 Cara Aman Melakukannya di Tengah Pandemi Virus Corona

ringkasan

  • Memeringati Hari Olahraga Nasional kita diingatkan bahwa aktivitas penting itu tetap penting di masa pandemi
  • Untuk bisa berolahraga secara aman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan

Fimela.com, Jakarta Peringatan Hari Olahraga Nasional jatuh pada hari ini (9/9/2020). Pada peringatan Hari Olahraga Nasional ini kita diingatkan bahwa aktivitas fisik tetap penting dilakukan meski masih berperang di tengah pandemi virus corona.

Beberapa studio kebugaran dan area terbuka telah dibuka untuk kembali digunakan masyarakat saat olahraga. Namun adanya kemungkinan bertemu orang lain saat olahraga membuat masyarakat khawatir dengan bahaya penularan virus corona.

Lantas, bagaimana cara olahraga yang aman di tengah pandemi virus corona?

Dilansir dari Purewow, kamu bisa menggunakan masker saat olahraga. Hanya saja ada beberapa panduan yang perlu diperhatikan ketika menggunakan masker saat olahraga.

1. Pilih masker yang tepat

Jenis masker yang tepat untuk digunakan olahraga dalah longgar dan bisa membantu bernapas. Beberapa merek olahraga kini mengembangkan masker khusus yang memang diperuntukkan akitivitas olahraga. Sehingga fungsi pernapasan dilakukan secara maksimum namun tetap mampu mengurangi potensi penyebaran virus. Ia memiliki pola di batang hidung yang dapat membantu menjaganya tetap berada di tempatnya.

 

2. Pilih jenis olahraga yang tepat

Sementara untuk jenis olahraganya, lebih baik hindari latihan kardio panjang, ruangan yang panas, dan lompatan tinggi. Lebih baik lakukan sprint atau kardio singkat berdampak besar. Berikan tubuh kamu waktu untuk mendinginkan dan menyesuaikan diri dengan mengambil air dan udara segar.

Jika masih terlalu takut keluar rumah, kamu bisa mengikuti berbagai kelas olahraga virtual. Kamu tidak perlu pusing soal jaga jarak dan penggunaan masker di rumah.

3. Dengarkan tubuhmu

Mendengarkan respon tubuh adalah yang paling penting. Terutama saat kamu olahraga sambil mengenakan masker. Jumlah perputaran udaranya tentu menjadi tidak maksimal. Jika sudah dirasa terlalu lelah, lebih baik berhenti sejeak. Atur kembali nafas hingga bisa melanjutkan olahraga lagi.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading

Live Streaming

Powered by