Sukses

Lifestyle

Komitmen Bersama Menjaga Pasar Komoditi Buah Lokal Indonesia

Fimela.com, Jakarta Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki beragam jenis buah dengan kualitas yang tinggi. Kondisi ini juga didukung dengan banyaknya penduduk Indonesia yang bertani atau berkebun. Menyikapi hal ini, Pasar Komoditi Nasional (PASKOMNAS) Indonesia bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyelenggarakan kampanye "Gelar Buah Nusantara 2020" yang berjalan dari tanggal 10 hingga 20 Agustus 202 0lalu.

"Pemerintah mendorong agar buah asli Nusantara menjadi pemain utama pasar buah dalam negeri sekaligus guna peningkatan ekspor, agar dapat meningkatkan pendapatan petani.” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam acara peluncuran kampanye yang berlangsung pada tanggal 10 Agustus 2020 lalu.

Selain dihadiri oleh Airlangga, peluncuran Gelar Buah Nusantara 2020 juga dihadiri oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, dan Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto. Dalam peluncuran tersebut, terungkap bahwa komoditas hortikultura khususnya buah-buahan memiliki potensi besar untuk menambah pundi-pundi devisa negara dan juga menjadi andalan di pasar masa kini.

Dengan dukungan teknologi dan pengetahuan para peneliti yang ada di Indonesia, sebenarnya Indonesia mampu menghasilkan kualitas buah-buahan yang memiliki kemampuan bersaing di tingkal global. Selain potensi pasar domestik yang besar, permintaan ekspor akan buah-buahan asal Indonesia juga tengah mengelami peningkatan.

Seperti misalnya manggis, pisang, nanas, salak yang sejauh ini memiliki permintaan tinggi dari berbagai negara. Menteri Pertanian menyampaikan contoh bahwa ekspor utama buah nanas lokal Indonesia ke Amerika Serikat, Belanda, Spanyol, Jerman, dan Jepang, telah mencapai Rp 1,5 triliun per tahun.

"Oleh karena itu Kementerian Pertanian akan memperkuat budidaya buah, terutama varietas-varietas tertentu yang dibutuhkan dunia serta cocok dengan selera semua orang.” ujar Mentan dalam peluncuran kampanye nasional tersebut.

Sementara itu, Direktur Utama Pasar Komoditi Nasional, Hartono Wignjopranoto, mengatakan bahwa Gelar Buah Nusantara menjadi sarana bagi para pedagang untuk mempromosikan buah lokal. Ia tak menampik bahwa anggapan masyarakat terhadap buah impor lebih baik masih ditemukan, padahal buah asli Indonesia tak kalah saing dan jauh lebih beragam.

"Kami berharap buah nusantara bisa menjadi tuan rumah di tempatnya sendiri, dengan ragam dan kualitas yangbagus.” ujarnya.

 

Go Digital

Dengan tema besar tersebut, kampanye ini memanfaatkan media digital untuk membangun kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi buah lokal, dengan menyelenggarakan kampanye di media sosial, di berbagai media massa online, hingga ke pelaksanaan webinar nasional. Dalam pelaksanaan tahun ini, sebuah Bazar Gelar Buah Nusantara juga diselenggarakan untuk memudahkan masyarakat memperoleh berbagai buah unik khas Indonesia dengan mudah melalui beberapa platform e-commerce yang mendukung gerakan ini.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Cukup Itu Datangnya dari Hati, Bukan dari Banyaknya Saldo yang Dimiliki
Artikel Selanjutnya
5 Zodiak yang Lebih Mementingkan Kecerdasan Dibanding Tampang