Sukses

Lifestyle

Menambah Penghasilan dengan Mencoba Menjadi Kreator Konten

Fimela.com, Jakarta Ada yang bilang uang bukan segalanya. Hanya saja uang tetaplah kita butuhkan dalam kehidupan. Mengatur keuangan, membuat rencana keuangan untuk jangka waktu tertentu, mewujudkan impian melalui perencanaan finansial yang baik, rencana investasi dan membeli rumah, hingga pengalaman terkait memberi utang atau berutang pasti pernah kita alami. Banyak aspek dalam kehidupan kita yang sangat erat kaitannya dengan uang. Nah, dalam Lomba Share Your Stories September 2020: Aku dan Uang ini Sahabat Fimela semua bisa berbagi tulisan terkait pengalaman, cerita pribadi, kisah, atau sudut pandang terkait uang. Seperti tulisan berikut ini.

***

Oleh: Pipiet Fitrianingsih

Di saat pandemi seperti ini uang rasanya menjadi hal sulit untuk bisa diraihnya. Bagaimana tidak, banyak yang lagi menikmati pekerjaannya tiba-tiba kena PHK, yang punya usaha harus gulung tikar, dan apa lagi yang nggak punya kegiatan atau masih menganggur, aku tidak bisa membayangkan. Tapi semoga Allah kasih kejutan manis yang bisa kita ambil hikmahnya di saat seperti ini.

Banyak pakar juga yang mengatakan di saat seperti ini saatnya kita berhemat karena banyak biaya yang terpangkas dengan kita di rumah saja, tapi rasanya aku tidak bisa. Aku alhamdulilah bersyukur masih bekerja dan mendapatkan gaji walaupun ada penyesuaian gaji.

Di saat gaji normal saja aku masih tergolong yang tidak berlebih apalagi saat tidak normal begini, kalaupun ada biaya yang terpangkas selalu ada beban baru yang muncul. Contoh saja aku memang tidak mengeluarkan biaya transportasi seperti aku ngantor seperti biasa tapi muncul beban/biaya baru yaitu internet yang membengkak di saat seperti. 

Tentu saja aku tidak mau meratapi terus keadaan dengan berdiam diri, walaupun aku tidak jago untuk memulai sebuah usaha yang real langsung mendapatkan uang kayak misalnya berdagang suatu produk offline/online. Tapi aku berusaha bagaimana mengolahnya agar uang tidak habis gitu saja untuk hidup. Hal yang aku lakukan disaat seperti sekarang ini ya lebih menikmati kondisi yang ada dan belajar keras agar aku bisa menjadi kreator konten.

Aku dan anak-anak suka sekali membuat konten kreatif di tiktok walaupun jarang terjun langsung dalam membuat konten aku lebih mengarahkan anak-anak membuat konten yang lagi tren dan bisa disukai para penontonnya. Anak-anak lebih suka mengkreasikan gerak-gerakan yang viral dengan versi mereka sendiri. Alhamdulillah viewers mereka merangkak naik dan aku berharap suatu saat aku bisa mendapatkan uang dari aplikasi tersebut.

Mengisi Waktu

Di samping Aplikasi Tiktok aku mencoba keberuntungan lain di aplikasi berbagi Youtube. Walaupun masih pemula dan belajar aku tetap optimis dengan kerja keras aku bisa meraih 1.000 subscriber dan bisa mendapatkan pundi pundi rupiah lewat Youtube. Aku suka sekali membuat tutorial produk-produk keuangan dan aplikasi penghasil uang dengan pengalamanku sendiri.

Dengan begitu aku bisa mengisi dompetku dan menabung dari tutorial-tutorial yang aku buat. Misalnya dari tutorial cara mendapatkan uang dengan aplikasi snapcart, mau tidak mau aku jadi harus nyobain langsung caranya bagaimana, misinya seperti apa dan bagaimana penarikan uangnya? Nah dari sini aku bisa mengumpulkan uang yang orang lain mungkin anggap receh tapi itu berharga banget untuk aku. 

Begitu juga untuk produk keuangan yang aku bagikan. Dalam membuat video aku harus nyobain langsung bagaimana cara menabung emas, produknya seperti apa, beli yang aman di mana dan jumlah uangnya berapa yang bisa dijangkau semua kalangan.

Nah, itulah caraku dalam mengisi pundi pundi rupiah di saat seperti ini, tetap semangat pejuang receh.

#ChangeMaker

PLAYLIST VIDEO 21 JUNI 2021
Loading