Sukses

Lifestyle

Penelitian Membuktikan, Kebanyakan Utang Bisa Tingkatkan Risiko Kematian

Fimela.com, Jakarta Tidak banyak orang yang sadar seperti apa efek punya banyak utang kepada kesehatan tubuh. Zaman sekarang jika orang ingin memenuhi kebutuhan hidupnya atau mungkin ingin memenuhi gaya hidup berlebihan yang mewah hanya karena ingin dipandang 'wah' oleh orang lain, mereka rentan memiliki utang di mana-mana. Mereka tak sadar bahwa punya banyak utang bisa merusak kesehatan.

Sebuah penelitian tahun 2013 yang dilakukan di Northwestern University menemukan bahwa orang dewasa yang memiliki rasio utang yang tinggi cenderung memiliki kesehatan yang lebih buruk daripada orang yang tidak punya utang.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Social Science and Medicine menyebutkan bahwa orang yang punya banyak utang secara umum memiliki risiko lebih tinggi mengalami tekanan darah tinggi, penyakit jantung hingga stroke. Dengan kata lain, secara alami punya utang mampu meningkatkan risiko kematian.

Banyak utang undang banyak penyakit

Peneliti menggunakan data dari Longitudinal Study of Adolescent Health untuk mengetahui hubungan utang terhadap kesehatan psikologis dan psikis 8.400 orang dewasa muda dengan rentang usia 24-32 tahun.

Seperti dikatakan penulis penelitian Elizabeth Sweet, Ph.D., "Kami terkejut melihat efek ini terhadap seseorang yang sangat mudah dan sehat, namun itu sekaligus menunjukkan bahwa pentingnya masalah utang berkaitan dengan kadar kesehatan masyarat masa kini."

Ketika rasio utang lebih tinggi dibanding aset/harta yang dimiliki maka semakin besar tingkat stres dan depresi yang dialami seseorang, kesehatan umum inilah yang kemudian akan menaikkan tekanan darah diastolik serta mengundang penyakit kardiovaskuler lainnya.

Tentu saja dari penelitian ini kita bisa menarik kesimpulan bahwa sebaiknya tidak hidup dengan memiliki banyak utang uang di mana-mana ya Sahabat Fimela. Jika punya utang, segera lunasi ya!

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading